Pengaruh Gadget terhadap Anak Usia Dini

Pengaruh Gadget terhadap Anak Usia Dini
Oleh Husniyyah Hasun

Di zaman yang sudah semakin maju ini, banyak sekali yang mengalami perubahan. Salah satunya yaitu teknologi. Teknologi kini semakin canggih. Kecanggihan teknologi ini dapat mempermudah aktivitas kita, misalnya gadget. Kata gadget sudah tidak asing lagi di telinga kita. Entah di kalangan remaja, dewasa, bahkan anak-anak, gadget sudah sangat terkenal.
Menurut wikipedia, gawai (Bahasa Inggris: Gadget) adalah suatu peranti atau instrumen yang memiliki tujuan dan fungsi praktis yang secara spesifik dirancang lebih canggih dibandingkan dengan teknologi yang diciptakan sebelumnya. Sebagai contoh:
• Komputer merupakan alat elektronik yang memiliki pembaruan berbentuk gawainya yaitu laptop/ notebook/ netbook.
• Telepon rumah merupakan alat elektronik yang memiliki pembaruan berbentuk gawainya yaitu telepon seluler.
Bentuk gadget sangat bermacam-macam, di antaranya yaitu handphone, laptop, notebook, netbook, kamera digital, tablet PC, dan lain-lain.
Adanya gadget sangat berpengaruh di kehidupan manusia. Dari gadget kita dapat menemukan informasi – informasi yang kita cari, mempermudah pekerjaan kita, dan dapat juga membawa kita ke negeri orang, bahkan dunia lain dengan hanya satu klik saja.. Jelas sekali bahwa gadget sangat membantu kehidupan manusia. Namun, akhir-akhir ini penggunaan gadget tidak hanya didominasi kaum remaja. Smartphone, tablet, dan jenis gadget lainnya juga sudah banyak digunakan anak-anak di bawah umur.
Mereka sangat mahir dalam menggunakan dan mengoperasikan gadget. bahkan mereka tidak butuh waktu lama untuk dapat menguasai fitur-fitur yang ada di gadget tersebut. Perkembangan gadget ini juga membawa pengaruh terhadap perilaku anak, dapat mengganggu proses belajar, dan juga interaksi sosialnya, yang lebih parah dan mengkhawatirkan yaitu anak-anak bisa secara bebas membuka situs pornografi atau bisa saja secara tidak langsung situs tersebut muncul dalam bentuk iklan-iklan vulgar. Untuk itu peran orang tua sangat diperlukan dalam hal ini.
Memang, di satu sisi ada beberapa manfaat gadget bagi anak-anak tapi di sisi lain penggunaan gadget pada anak sejak dini juga membawa banyak pengaruh negatif baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Di antara manfaat gadget bagi anak usia dini yaitu dapat membantu anak dalam meningkatkan kemampuan berbahasanya. Para orangtua dapat mengajarkan anak-anaknya keterampilan berbahasa, dengan cara mengajak anak bermain game pengenalan kata. Di situ anak tidak hanya melulu bermain game, tetapi juga dapat belajar. Dari buku yang saya baca (Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi karya Dr. Deni Darmawan), kemajuan teknologi juga telah dimanfaatkan dalam dunia pendidikan. Dalam hal ini salah satunya adalah pembelajaran berbantuan komputer. Namun, selain memberikan hal-hal yang berdampak positif, gadget juga membawa dampak negatif bagi anak usia dini. Berikut beberapa dampak negatif dari gadget yang saya dapat dari web:
 Kecanduan
Dampak ini umumnya terjadi pada anak. Kecanduan dapat mempengaruhi perkembangan fisik dan motorik pada anak. Biasanya anak akan susah untuk melepas gadget nya, sehingga bisa membuat mereka lupa makan dan kurang istirahat yang semua itu penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.
 Anti Sosial
Anak yang terlalu fokus bermain gadget membuat mereka kurang bergaul dan bahkan juga kurang simpati dengan teman-temannya atau orang lain yang ada di sekitar mereka. Jika mereka hanya seharian bermain gadget bisa membuat mereka anti sosial dalam artian tidak mau bergaul dan berkenalan dengan lingkungan atau dengan teman-teman yang seumuran dengan mereka
 Bahaya Radiasi
Menurut beberapa penelitian anak kecil sangat rentan terkena radiasi dibanding orang dewasa. Gadget tidak hanya menimbulkan radiasi yang berbahaya namun pancaran sinar dari layar sangat membahayakan kesehatan anak. Mereka masih mengalami perkembangan sistem saraf sehingga sangat rentan terkena radiasi
 Perkembangan Terhambat
Anak yang memiliki ketergantungan dengan gadget cenderung akan mengalami hambatan dan proses perkembangannya. Hal ini karena anak yang asik bermaik gadget jarang bergerak sehingga membuat proses pertumbuhan.
 Lambat dalam Memahami Pelajaran
Kebiasaan anak yang asik dengan gadget akan berpengaruh terhadap kemampuan otak dalam menangkap informasi. Salah satunya yaitu ketika anak mendapat pelajaran dikelas cenderung sulit untuk memahami apa yang sudah disampaikan guru. Selain itu, anak juga cenderung malas untuk belajar dan membaca buku akibat dari kecenderungan untuk bermain gadget sehingga prestasi akademik menurun.
Dari beberapa dampak negatif gadget, diharapkan para ibu untuk lebih memperhatikan buah hatinya. Bagi para ibu yang lebih banyak menghabiskan waktunya untuk bekerja, lebih pintarlah membagi waktu antara bekerja dan bermain bersama anak-anak di rumah. Dan apabila terpaksa memberikan gadget kepada anak, berilah batasan waktu kepada mereka. Jangan sampai anak-anak yang masih di bawah umur merasakan dampak negatif gadget sehingga tidak bisa menikmati masa kanak-kanak mereka dengan bahagia.

Baca Juga :  Fenomena Budaya Pop Korea
Tags: