PERAN ISLAM DALAM PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI

  • Whatsapp

Sekarang ini pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah “Generasi Millennial”, generasi dimana ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang dengan pesat. Perkembangan teknologi tersebut membuat para pengguna internet mengandalkan media sosial sebagai tempat mendapatkan informasi, media sosial telah menjadi sumber utama berita bagi masyarakat. Indonesia telah dikenal sebagai negara yang mayoritas penduduknnya beragama islam. Sebagai agama yang moderasi, islam berperan dalam kehidupan generasi millennial di tengah perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat.

            Islam merupakan agama yang memperhatikan segala aspek kehidupan. Segala yang diatur merupakan perintah dari Allah SWT. Islam adalah agama yang moderat. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, moderat adalah selalu menghindarkan perilaku atau pengungkapan yang ekstrem; kecenderungan ke arah dimensi atau jalan tengah.[1] Berarti karakteristik ajaran islam adalah keseimbangan. Dapat diamati bahwa islam berada dijalan tengah antara sesuatu yang berlebihan atau kurang.

Bacaan Lainnya

Nielsen melakukan riset terhadap 30000 responden yang memiliki akses internet memadai. Respon tersebut berasal dari enam puluh Negara di Asia Pasifik, Eropa, Amerika Latin dan Utara, serta Timur Tengah. Nielsen  mencatat, pertumbuhan penetrasi perangkat mobile di kota-kota besar Indonesia mencapai 88%.[2] Gaya hidup yang berbahaya sangat melekat dengan kecanggihan internet ini. Sekarang ini, tak sedikit yang memanfaatkan teknologi internet sebagai aksi kejahatan. Apalagi perkembangannya yang sangat luar biasa ini membuat bermunculan ide baru yang berakhir pada kasus penipuan. Namun tak sedikit juga yang bisa menggunakan internet dengan baik.

Dalam Al-Qur’an surat Al-Imron ayat 190 sampai 191, ayat tersebut menjelaskan betapa pentingnya ilmu pengetahuan dan teknologi dalam islam untuk dipelajari dan dimiliki. Peran islam yang pertama adalah Aqidah Islam sebagai dasar ilmu pengetahuan dan teknologi. Aqidah islam harus dijadikan dasar segala konsep maupun aplikasi ilmu pengetahuan dan teknologi. Kini telah banyak umat islam yang mengikuti Negara barat mulai dari gaya hidup, sampai pandangan hidup dan konsep ilmu pengetahuan. Generasi sekarang ini pun banyak yang mengagumi kebiasaan-kebiasaan Negara barat. Dengan menjadikan aqidah islam sebagai dasar ilmu pengetahuan dan teknologi dapat distandardisasi benar salahnya dengan tolok ukur Al-Qur’an dan Hadits.  Tentunya tidak boleh bertentangan dengan keduanya.

Baca Juga :  Kuliah Sambil Berorganisasi

Pos terkait