Wisata Murah yang Mengedukasi

LAMONGAN,Mitra Kuliah, Desa Besur, Kecamatan Sekaran. Para warga desa setempat mengubah area persawahan menjadi taman wisata yang diberi nama Wisata Besur Agro Edukasi (WBAE) yang menjadi destinasi wisata baru di kabupaten Lamongan dan harus dikunjungi oleh para pengunjung di berbagai daerah setiap harinya.

Kawasan wisata Agro edukasi ini semula merupakan sekolah pertanian. Namun warga setempat memunculkan ide untuk mengembangkannya menjadi wisata edukasi berbasis pertanian. “Sebelum menjadi tempat wisata seperti saat ini, area ini adalah  lahan milik warga desa yang mayoritas pekerjaan kami adalah seorang petani. Dan ini dulunya merupakan sebuah sekolah pertanian,” kata pengelola Wisata Besur Agro Edukasi, Haris Suhud.

Dengan dibukanya tempat wisata sekitar delapan bulan yang lalu, area persawahan seluas 1 hektare ini disulap dengan menarik sehingga menarik minat seseorang untuk berwisata sambil belajar bertani. Wisata ini banyak dipilih dan dikunjungi karena tarif masuk yang sangat murah, yaitu cukup dengan membayar tiket senilai 2.000 rupiah per-orang, mereka bisa sepuasnya menikmati keindahan alam dengan adanya aneka macam bunga yang ditanam. Pengelola juga menyediakan gardu agar pengunjung disana dapat berbincang, bersantai sambil menikmati hamparan area persawahan yang hijau dan luas. Selain itu, terdapat spot untuk ber-swafoto yang sangat menarik dan instagramable.

Wisata ini juga sering menjadi ajang edukasi atau belajar di luar ruangan bagi peserta didik, baik mereka yang duduk di bangku Taman kanak-kanak, sekolah dasar maupun SMP. Dengan adanya seorang tutor mereka akan diajarkan bagaimana cara menanam yang baik dan dikenalkan berbagai macam jenis tumbuhan yang ada disana.

Wisata yang digarap oleh masyarakat setempat ini juga berdampak positif untuk meningkatkan perekonomian mereka. Hal ini dibuktikan dengan bermunculannya sejumlah warung dan pedagang asongan yang menjajakan dagangannya di area wisata tersebut. (NUS)

Tags: