UINSA Raih Akreditasi A


Surabaya – (12/04/2019)  Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya atau lebih akrab dikenal dengan UINSA sukses meraih akreditasi A. Kampus berwarna hijau yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani tersebut, menyelenggarakan acara yang semewah mungkin untuk menunjang penilaian akreditasi. Tidak luput UINSA mementaskan paduan suaranya guna turut serta memeriahkan acara akreditasi kampus. Dalam pementasan paduan suara menampilkan lagu jingle favoritnya. Lagu jingle yang dibawakan bersifat ceria dan semangat, sehingga orang yang mendengarkannya menjadi tertarik dan terhibur. Lagu tersebut diciptakan oleh staf kampus yaitu Bapak Amin Lubis. Penilaian akreditasi diselenggarakan di Twin Tower kebanggaan kampus yang berdiri didua kementerian tersebut.  

Sejak tahun 2015 UINSA berhasil menyandang status sebagai universitas. Awalnya UINSA masih berstatus Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Peralihan status disebabkan karena adanya program studi baru non-agama atau umum. Mulai saat itu UINSA di bawah naungan Kementerian Agama serta Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Prof. Masdar Hilmy, S.Ag., MA, Ph.D. selaku rektor UINSA mengajukan akreditasi ulang kepada Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Pengajuan tersebut dilakukan karena UINSA sudah memenuhi standart kampus berakreditasi A. Kampus berwarna hijau yang terletak di kota metropolis kedua se-Indonesia telah memiliki 39 guru besar. Jumlah guru besar yang dimiliki UINSA merupakan terbanyak kedua setelah Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta dalam ruang lingkup PTAIN.

Berbarengan dengan penilaian akreditasi setiap Fakultas mengadakan kegiatan pameran untuk memeriahkan acara campus expo di Twin Tower. Acara campus expo berlaku untuk umum serta tidak dipungut biaya apapun. Tidak hanya itu, setiap program studi dari berbagai fakultas turut berjajar memamerkan misi dan visinya. Selain itu, penampilan banjari yang tidak pernah ketinggalan sebagai icon Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Dalam kegiatan campus expo terdapat banyak informasi jalur masuk untuk melanjutkan pendidikan tinggi di UINSA.

Adanya bangunan gedung yang mewah, tersedianya fasilitas dan prasarana untuk mahasiswa telah memadahi, serta proses perkuliahan telah memenuhi standart nasional UINSA layak menyandang akreditasi A. Bangunan gedungTwin Tower yang memiliki sembilan lantai dilengkapi fasilitas tiga lift yang mendukung menunjukkan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya telah mengalami perubahan yang luar biasa. Desain gedung UINSA memiliki ciri khas seperti bangunan yang berada di negara Timur Tengah.

Kampus yang terkenal dengan kawasan berbusana muslim tersebut, masih belum termasuk dalam kategori sebagai kampus yang asri dan teguh. Suasana kampus masih terasa gersang, karena minimnya pepohonan rindang disekitarnya. Firdha Ardhila Damayanti selaku mahasiswa S1 prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah semester dua bersyukur atas akreditasi A yang telah diperoleh oleh kampus tercinta.

“Alhamdulillah seneng banget UINSA mendapatkan akreditasi A, pesan saya semoga lima tahun ke depan fasilitas dan prasarana kampus semakin ditambah, misalnya gazebo disertai pepohonan rindang agar ditambah lagi, supaya mahasiswa tidak kebingungan mencari tempat teduh untuk mengerjakan tugas di outdoor” ujar mahasiswa kelahiran 10 Januari 2000 tersebut.

Penulis : Fira Zahrotul Ilma(S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)Sumber Gambar: Pamflet UINSA

Tags: