Perayaan Setelah Sidang Skripsi : Inilah Alasan Mengapa para Mahasiswa Merayakannya


Surabaya (12/04/19) – Sidang skripsi merupakan hal yang sangat ditungu-tunggu oleh semua mahasiswa, karena sidang skripsi adalah salah satu syarat yang harus ditempuh mahasiswa untuk mendapat gelar sarjana strata satu (S1). Pada bulan april 2019 merupakan salah satu bulan dimana mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel melakukan sidang skripsi.


Maraknya perayaan setelah sidang skripsi di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya seakan sudah membudaya bagi seluruh mahasiswa. Banyak mahasiswa yang melakukan perayaan dengan cara meberi hadiah kepada mahasiswa yang melakukan sidang. Baik hadiah berupa buket snack, bunga mawar ataupun boneka. Dan tidak lupa mereka mengabadikan perayaan tersebut dengan berfoto.


“Menurut saya, melakukan perayaan setelah sidang skripsi itu sangat penting karena pada saat melakukan sidang skripsi, mahasiswa akan merasa sangat tegang. Dengan kedatanagan dan perayaan setelah sidang skripsi dari orang-orang terdekat akan membuat mahasiwa senang dan bisa melupakan ketegangan saat di ruang sidang” ujar Nasirotul Ahadiyah, mahasiwi semester delapan prodi Sosiologi.


“Perayaan setelah sidang Skripsi kalau menurut saya, sudah menjadi tradisi dari dulu. Memang sih, akan banyak pengeluaran tapi itu sebenarnya pintar-pintarnya kita mengatur keuangan atau kita bisa menabung dari jauh- jauh hari” ujarnya.


Pendapat serupa juga di utarakan oleh mahasiswi semester dua prodi PGMI yang berinisial H. “Menurut saya, Sidang skripsi itu sangat menegangkan, jadi harus ada perayaan- perayaan setelahnya namun dilakukan yang sewajarnya saja, jangan terlalu mewah karena kalau mewah itu buang-buang uang saja, toh sebenarnya tujuan dari perayaan tersebut adalah menghibur mahasiswa yang melakukan sidang” ujarnya.
“Dan perayaan setelah sidang skripsi, sudah menjadi tradisi turun-temurun untuk mahasiwa tidak hanya di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya saja, namun di Universitas lain pun juga melakukan perayaan ini” tambahnya. (AA)

Tags: