Peran Guru Menghadapi Revolusi Industri 4.0


Pada kemajuan zaman saat ini semakin lama mengalami kemajuan yang sangat pesat salah satunya pada era revolusi industri 4.0 yang saat ini berkembang terutama pada hal teknologi digital. Siapa sih yang tidak tahu tentang teknologi digital di masa sekarang ini terutama pada gadget? Tentunya hal ini tidak asing lagi di kalangan baik pada kalangan pemuda, pada kalangan orang tua bahkan anak usia dasarpun sudah sangat paham dan mengerti tentang hal teknologi digital seperti gadget, dan lain-lain. Kemampuan yang mereka miliki dalam suatu teknologi yang ada saat ini. Sudah sangat cepat dalam menyebar dan meluas terutama dikalangan remaja. Tidak dapat dipungkiri bahwa segala informasi yang didapat memiliki arti penting dalam aspek kehidupan masyarakat agar selalu mengikuti jaman.

Kemajuan dan perubahan zaman seperti ini tidak bisa kita hindari lagi karena hal tersebut tentunya dikalangan luas sudah menjelma seperti kebutuhan pokok, sehingga dalam hal ini sangat perlu persiapan sumber daya manusia yang harus siap dan harus mampu bersaing dengan dunia luar perihal hal tersebut. Perubahan revolusi ini bisa kita rasakan sendiri bahwa hal ini sangat berpengaruh pada dunia perusahaan, dunia industri, dan dunia komunikasi. Namun rupanya tak hanya itu, era revolusi industri 4.0 ini juga berkembang sangat pesat pada dunia pendidikan mulai dari sistem pembelajaran di sekolah atau kampus, pembahasan pembelajaran, materi pembelajaran, soal-soal pembelajaran untuk peserta didik kini telah tersedia dalam basis e-learning atau online. Bagaimana cara agar penerus Indonesia berhasil bersaing pada era revolusi industri 4.0 ini? Tentunya diperlukan tenaga pengajar baik guru maupun dosen yang mampu bersaing kreatif, aktif dan kritis. Keahlian yang dimiliki guru maupun dosen harusnya mencakup segala aspek pembelajaran yang nantinya akan menjadi bekal untuk bekerja serta mendidik para remaja menjadi generasi muda yang berkualitas dan maju untuk bangsa dan juga negara.


Pada era revolusi industri 4.0 ini guru juga dituntut untuk menguasai perihal segala perubahan model pembelajaran yang ada pada dunia pendidikan. Namun tentunya tak hanya guru, peserta didik yang dituntut aktif kreatif dan kritis sehingga tidak sampai ketinggalan zaman banyak sekali fakta di lapangan seorang pendidik yang masih saja menggunakan model pembelajaran lama sehingga jika dibandingkan dengan pada masa ini akan terkesan membosankan dan banyak juga karena sulitnya akses pada daerah tertentu sehingga banyak lembaga pendidikan yang sangat kurang dalam hal teknologi. Hal itu dipicu juga karena kurangnya kurangnya fasilitas yang memadai sehingga secara tidak langsung hal tersebut memperbesar kemungkinan guru dan siswa menjadi gaptek atau gagap teknologi. Karena pada dasarnya di era revolusi industri 4.0 ini profesi guru makin kompetitif untuk mendukung siswa.


Tak hanya itu pengajar baik guru maupun dosen juga harus memberikan penanaman atau pengarahan bagi siswa atas dampak apa saja yang terjadi pada era revolusi industri 4.0 ini karena setiap keadaan yang ada pasti memiliki sisi positif dan negatif masing-masing. Sisi positif dan negatif yang ditimbulkan sangatlah berpengaruh di era kemajuan zaman saat ini. Contoh sisi positif yang ditimbulkan guru dan juga siswa dapat memperoleh segala informasi dengan cepat dan tepat sehingga mempermudah suatu kegiatan pembelajaran. Sedangkan dari sisi negatif yang ditimbulkan guru dan juga siswa harus menyaring suatu informasi yang di dapat, dari kepastian, keakuratan dan kebenaran suatu informasi.

Oleh : Gisca Kurnia Putri

Tags: