Kembangkan Kreativitas, HMP PGMI Gelar Sekolah Jurnalistik

Sidoarjo- Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah gelar sekolah jurnalistik di Yayasan Mukmin Mandiri Waru Sidoarjo, Sabtu(27/4/2019).


Sebanyak 14 Mahasiswa PGMI sangat bersemangat dalam mengikuti sekolah yang mengusung tema “Mengembangkan Kreativitas Mahasiswa PGMI Dalam Dunia Tulis Menulis Di Era Digital”. Acara yang berlangsung selama 2 hari itu menyajikan 4 materi dan praktek langsung membuat berita.


Menurut wanita berkerudung abu-abu, Deby Nur Hidayanti, ketua pelaksana kegiatan, menuturkan bahwa sekolah ini melatih peserta agar tidak hanya pandai dalam bidang akademik saja, kecilnya gaji guru di era milenial ini menuntut calon guru MI yang profesional, kreatif dan mahir dalam bidang non akademik lainya seperti, menulis, mendesain, dan mempublikasi sebuah karya.


Serangkaian acara adalah momen yang selalu ditunggu peserta. Pasalnya, alasan mengikuti sekolah jurnalistik lantaran ingin mengetauhi bagaiamana proses penggolahan berita. Mulai dari pengenalan tentang jurnalistik, mempelajari teknik kepenulisan, dan mempraktekan metode penggalian data, melakukan observasi dan wawancara, menyusun kata demi kata, sampai mempresentasikan berita yang dibuat secara berkelompok. Ada 3 kelompok terbaik yang mendapat apresiasi dan reward atas kerja keras dan kekompakannya dalam membuat berita.


Tidak hanya membuat berita, peserta juga praktek membuat desain grafis majalah melalui phothoshop. Minimnya kemampuan peserta yang baru mengenal desain grafis dan semangatnya dalam menyelesaikan karya, sempat membuat waktu yang diberikan terasa sangat kurang sehingga banyak kegiatan yang tidak sesuai jadwal, hal ini akhirnya dapat dikondisikan kembali.


“Mengikuti sekolah jurnalistik sangatlah menyenangkan, menambah ilmu pengetauhan dan melatih diri menjadi sosial control dalam sosial media. Selain itu, skill dalam teknik kepenulisan dan menyunting sebuah berita merupakan pengalaman yang sangat mengesankan” ujar Robiatul Adawiyah Peserta yang berasal dari Lamongan.

Tags: