Hancurnya Alam Di Indonesia

Indonesia negara yang dikenal sebagai paru-paru dunia dan sebagai hutan terbesar ke dua setelah negara Brazil, kini tak lagi seperti dulu, banyaknya penggundulan lahan tanpa adanya reboisasi menjadi salah satu alasan negara Indonesia kini menjadi tandus. Banyaknya hutan yang dibabat dan dibangun pabrik juga perumahan tanpa adanya penggantian lahan penghijauan kerap membuat terjadinya bencana alam di Indonesia termasuk salah satunya banjir, tanah longsor, dan masih banyak lagi.

Masalah yang timbul akibat dari hancurnya alam di Indonesia mungkin sudah banyak dirasakan oleh masyarakat Indonesia, seringnya terjadi banjir di kota – kota besar kerap menjadi perhatian media massa, banjir tidak luput dari manusia yang tinggal di dalamnya itu sendiri, mereka sering membuang sampah sembarangan dan tanpa menghiraukan bahwa dampak kebelakangnya sangat merugikan bagi mereka sendiri.

Banjir di Indonesia mungkin sudah sering terjadi tetapi penduduk setempat tetap melakukan kebudayaan buang sampah dikali yang membuat ekosisitem alam terganggu, yang dulunya sungai banyak ikannya dan dapat dimanfaatkan hasilnya sebagai mata pencaharian tetapi sekarang ikan -ikan itu menjadi ikan sampah yang membuat banyak timbulnya penyakit dan masalah sosial, mulai dari penyakit yang ditimbulkan oleh nyamuk seperti malaria, demam berdarah, cikungunya dan lain-lain, yang pada dasarnya nyamuk itu sendiri timbul akibat adanya lokasi yang dapat membuat nyamuk itu berkembang biak dengan mudah.

Setelah banjir masih ada permasalahan alam selanjutnya yaitu tanah longsor, tanah longsor di Indonesia juga sering terjadi akibat banyaknya pemotongan tumbuhan hutan tanpa adanya reboisasi atau penanaman ulang, para ilegal loging atau maling kayu sering kali terjadi dihutan Indonesia, dan mereka hanya memotong tanaman yang ada didalam hutan tanpa menanam kembali dan tidak menghiraukan dampak dari yang mereka lakukan. Para penebang pohon sembarangan biasanya mereka hanya mengambil keuntungan dari yang mereka dapatkan setelah menebang pohon.

Ilegal loging sering terjadi karena mereka berfikir bahwa negara indonesia masih banyak pohon yang bisa mereka ambil manfaatnya tanpa menghiraukan dampak akhirnya, hutan Indonesia yang dulu terlihat hijau kini tinggallah cerita masa lampau yang ada dan sering terdengar ditelinga kita. Tidak Cuma penebangan pohon sembarangan yang kerap terjadi di Indonesia, masih ada lagi pemanfaatan alam di Indonesia yang dimanfaatkan secara ilegal tanpa adanya perawatan kembali.

Kita tahu bahwa Indonesia kaya akan hasil tambang, banyak pera penambang yang memanfaatkanya tetapi mereka memanfatkan secara membabi buta seperti penambangan pasir, penambangan emas, penambangan minyak dan masih banyak lagi kegiatan penambangan yang mereka lakukan secara ilegal, yang bukan hanya merusak alam dan menimbulkan bencana alam, tetapi juga menimbulkan kerugian pada negara yang amat besar, penambangan ilegal ini sudah banyak juga menimbulkan korban nyawa yang ada dan banyak meresahkan warga sekitar yang merasa dirugikan oleh adanya kegiatan penambangan liar tersebut.

Meskipun negara Indonesia sudah melarang keras adanya kegiatan penambangan liar dan juga memberikan sanksi berat terhadap para pelaku tetapi mereka tidak jera dan tetap melakukan kegiatan tersebut dengan iming – imng keuntungan yang besar. Yang mereka lakukan hanyalah masalah ekonomi yang menurut mereka bisa mendapatkan keuntungan lebih dibandingkan dengan melakukan pekerjaan yang lebih baik, maka tak heran bahwa banyaknya pekerja – pekerja dari desa bahkan kota yang tergiur dengan keuntungan tersebut, dan tak jarang pula media massa memberitahukan informasi kematian dalam bekerja akibat aktifitas liar tersebut, Sekian terima kasih.

Oleh : Muhammad Ishomuddin Azza

Tags: