Jatim Park 1, Destinasi Wisata 3 in 1 Masa Kini

Jawa Timur Park atau yang lebih dikenal dengan sebutan Jatim Park merupakan salah satu destinasi wisata yang tak asing lagi di telinga kita, khusunya bagi mereka yang tinggal di kota Malang. Saat ini Jatim Park hadir dengan nama Jatim Park 1, Jatim Park 2, dan Jatim Park 3. Ketiganya memiliki ciri khas yang berbeda. Seperti di Jatim Park 1 ini, yang terkenal dengan Gong Terbesar kedua di Indonesia. Jatim Park 1 memang terkenal dengan keindahan pemandangan dan berbagai macam wahana yang tersedia disana. Disisi lain, Jatim Park 1 mengajak kita untuk mengenal dan mempelajari berbagai macam kebudayaan di Indonesia.

Di lobi awal saat pertama memasuki Jatim Park 1, banyak patung-patung yang memperagakan tarian beserta baju adatnya dan makanan-makanan yang biasa dihidangkan saat upacara adat memenuhi ruangan, seolah menghipnotis berpasang-pasang mata yang melihatnya. Tak hanya itu, berbagai macam kuade zaman dahulu (tempat duduk yang digunakan saat pesta pernikahan pada zaman dulu), serta arsitektur rumah adat seakan membawa kita kedalam suasana zaman dahulu.

Di lorong selanjutnya, kita diajak belajar mengenal dan memahami tentang ilmu alam. Mulai dari tokoh-tokoh penemu, beberapa kuis yang bisa dimainkan untuk mengasah kemampuan kita, hingga mempraktekkannya. Sayangnya, beberapa alat praga yang biasa digunakan untuk praktek sudah rusak. Mungkin, karena banyak berpindah dari satu tangan ke tangan lainnya. Menjaga fasilitas destinasi wisata merupakan tanggung jawab kita semua, bukan hanya petugas yang ada di Jatim Park 1 saja. Jadi, alangkah lebih baik jika kita berhati-hati dalam menggunakannya.

Terlepas dari itu, di rute selanjutnya terdapat bngunan berwarna putih yang berdiri kokoh seolah menceritakan bagaimana perjuangan rakyat Indonesia melawan penjajah. Disana, terpampang gambar-gambar para pahlawan yang berjuang merebut kemerdekaan Indonesia, serta suara Bung Hatta yang mengobarkan semangat rakyat Surabaya saat berjuang melawan penjajah Jepang kala itu. Kita juga diajak mengelilingi Jatim Park 1 dengan perahu sambil belajar banyak mengenai sejarah Negara Indonesia.

Tak hanya belajar tentang kebudayan, ilmu alam, dan sejarah saja. Di Jatim Park 1 ini, kita juga bisa bermain bermacam-macam wahana sambil menikmati pemandangan sekitar yang sangat indah. Wahana disini ada banyak sekali, dari yang “katanya” biasa saja hingga yang memacu adrenalin. Seperti bianglala, komedi putar, tornado, roller coaster, dan masih banyak lagi. Selain itu, juga ada wahana yang menggunakan koin seperti permainan yang ada di pusat perbelanjaan.

Kolam renang merupakan tempat yang wajib dikunjungi bagi wisatawan Jatim Park 1 ini. Suasana yang dingin, air yang jernih, dan tidak berbau kaporit adalah alasan tempat ini tak pernah sepi. Di setiap sudut kolam renang terdapat banyak kursi yang biasa digunakan orang tua untuk beristirahat sambil mengawasi anak mereka yang sedang bermain di kolam renang. Bioskop 3D juga merupakan tempat yang wajib dikunjungi ketika berada di Jatim Park 1. Bioskop ini tak pernah sepi pengunjung, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Mereka rela mengantri berjam-jam untuk dapat masuk dan menikmati suasana di bisokop 3D.

Dari sekian banyak fasilitas dan wahana yang ada Jatim Park 1, yang paling memikat adalah unsur kebudayaan yang disediakan di lobi masuk. Karena tak semua tempat wisata menyisipkan unsur kebudayaan didalamnya. Seperti saling berkesinambungan, kita diajak untuk mengenal kebudayaan Indonesia, kemudian belajar tentang ilmu alam dan sejarah, hingga bermain ber-macam-macam wahana untuk mengilangkan rasa penat. Jatim Park 1 merupakan destinasi wisata 3 in 1 yang menyediakan unsur budaya, pendidikan, serta permainan yang sangat menarik untuk dikunjungi
Oleh : Azmi Tahmidah

Tags: