Cara Budidaya Lele dan Hidroponik Kangkung

Kegiatan budidaya ikan sepertinya sudah menjadi andalan untuk para peterna ikan. Dengan cara merawat dan tempat budidaya pun dipertimbangkan sedemikian rupa.  Terutama dalam Budidaya ikan lele yang membutuhkan tempat cukup luas. Strategi yan lebih dan dana yang tidak sedikit pengeluarannya,  akan mendapatkan hasil dan kepuasan yang maksimal. Ada cara lain dalam pembudidayaan yang lebih mudah dan menguntungkan.  Budikdamber ikan lele didalam ember dengan beisikan 50 ekor bibit lele yang siap dibesarkan di dalam ember.  Dengan pemanfaatan budikdamber seperti ini akan menjadikan seseorang untuk memulai budidaya ikan lele dengan mudah.  Tanpa membutuhkan biaya mahal. Budikdamber yang Bagus akan menghasilkan hasil yang memuaskan.

Kelebihan pembudidayaan ikan lele di dalam ember yaitu : menjadikan peternak yang kreatif,  menghadirkan jiwa jiwa kesabaran dan ketelatenan , memanfaatkan barang yang mudah didapat dan dijangkau. Dengan cara ini siapapun ingin berternak lele akan sangat mudah dan terjamin.  Karena tidak harus membutuhkan lahan yang luas serta membangun bangunan yang diperlukan. Mengganti air dalam ember sebanyak 3 hari sekali. Kelemahan dengan cara Budikdamber yaitu Mudahnya kehilangan ikan disaat penyimpanan didalam ember,  mudahnya terkena air hujan disaat musim hujan,  ruang lingkup yang sangat minim.

Si pembudidaya lele sistem budikdamber telah diminati sedemikian orang penduduk yang berkeinginan ternak lele. Sehingga cara ini akan sangat mudah untuk digunakan dalam akses pertanian ikan. Bukan hanya lele saja. Beternak ikan pun juga bisa . Selain itu penanaman kangkung dengan cara hidroponik di dalam aqua gelas . Disini pemanfaatan lahan dan tempat serta hasil yang bisa dibilang memuaskan.

Pemanfaatan seperti ini bisa dijadikan sumber penghasilan rumah tangga yang mempunyai hobi bercocok tanam sayuran ataupun tumbuhan buah buahan.  Selain kangkung sawi pun bisa dijadikan tempat hidroponik dalam satu pembudidayaan ikan lele ( Budikdamber).  Tetapi kebanyakan masyarakat memilih hidroponik tanaman kangkung yang mudah dalam penanaman dan cepat dalam hasil panennya. Tanaman hidroponik di kalangan masyarakat selama ini berpikir bahwa harus membutuhkan dana besar. Dan lahan yang cukup untuk mendapatkan sinar matahari yang cukup.  Sehingga menjadikan hasil tanaman yang memuaskan sebagai tanaman hidroponik.

Kelebihan penanaman hidroponik didalam aqua gelas :

1. Mudah didapatnya tempat hidroponik

2 .Hasil tidak jauh lebih subur dibandingkan dengan memakai pipa

3. Tidak membutuhkan lahan besar

Kelemahan nya yaitu tidak banyak.  Hanya saja disaat air hujan mengguyur air akan menggenang dan memenuhi ember sampai penuh.  Sehingga proses penanaman hidroponiknya bisa dibilang gagal.

Penanaman hidroponik dalam pipa membutuhkan lahan objek luas serta dana besar. Penanaman hidroponik seperti itu memang memiliki kelebihan yang berbeda. Dengan sistem yang praktis dan excellent menjadikan hasil penanaman yang semestinya dicapai. Biasanya hidroponik semacam ini hanya ada di kalangan orang yang mampu memerankannya. Bukan hanya dijadikan sebagai hobi saja,  tetapi juga bisa dijadikan penghasilan rumah tangga dalam berkesinambungan.

Apakah bisa menjamin hasilnya penanaman kangkung dalam satu wadah peternakan lele di dalam ember?  Pasti berhasil.  Karena itu sudah dalam prosedur yang direncanakan dengan baik. Hasil baik dalam sebuah proses yang baik pula. Disaat panen datang hasil hidroponik bisa dijual atau saling berbagi kebaikan sesama sekitar. Begitu pula dengan ikan lele,  disaat panen datang ikan akan di ambil dan siap untuk dijual . Dengan cara seperti ini akan mudah mendapatkan pendapatan sendiri. Oleh Arum Puji Lestari

Tags: