Cara Merayakan Ulang Tahun dalam Islam

Ulang tahun adalah sebuah kata yang sangat familiar di telinga kita pada zaman sekarang ini. Ulang tahun juga memiliki arti peringatan hari lahir dimana pada tanggal dan bulan tersebut kita pertama kali ada di dunia ini. Pada umumnya orang akan bersuka ria pada hari ulang tahun nya tersebut, dengan cara membuat pesta ada yang bisa sederhana juga bisa saja sangat mewah untuk kalangan orang kaya. Budaya perayaan ini seolah-olah tidak dapat di hilangkan dari kata ulang tahun padahal ini termasuk budaya kebarat-barat an. Padahal sejatinya ulang tahun adalah berkurangnya berbagai nikmat dan mendekatnya kematian. Memang tidak ada satu manusia pun yang tau kapan ajal itu datang, tetapi sebagian orang berpendapat bahwa kematian akan datang saat umur yang semakin tua. Lalu bagaimana sebaiknya cara kita menyikapi datang nya hari ulang tahun? Ada beberapa cara agar kita dapat menyikapi dengan benar datangnya hari ulang tahun menurut Islam.

Yang pertama kita harus sadar bahwa perayaan ulang tahun merupakan kebudayaan non muslim. Rasulullah pernah bersabda: bahwa perayaan ulang tahun bukan merupakan dari Islam, Islam hanya mengenal 3 perayaan yaitu idul fitri, idul adha, dan hari jum’at. Jika ulang tahun merupakan suatu perayaan maka anda sudah mengikuti jalan kaum non muslim lainnya. Namun beberpa orang berpendapat jika perayaan ulang tahun bisa kita ganti dengan acara tasyakuran dengan mengundang kerabat atau keluarga bahkan anak-anak yatim. Hal ini juga merupakan rasa bersyukur kita terhadap Allah SWT karena masih di berikan kesehatan hingga hari ulang tahun kita. Tetapi Allah juga tidak suka sesuatu yang berlebihan jadi kita buat saja acara yang wajar tidak yang terlalu mewah.

Yang kedua yaitu sikap muhasabah, muhasabah merupukan sikap intropersi diri. Dalan hal ini kita bisa merenungi kesalahan-kesalahan yang ada pada diri kita selama tahun-tahun sebelumnya juga membenahi diri lebih baik lagi dari sebelumnya. memang manusia tidak pernah luput dari salah dan dosa tapi sebaiknya kita harus mengingat bahwa selama raga masih bernyawa kita harus selalu berbenah diri menjadi yang lebih baik lagi dan lagi.

Hal selanjutnya yang dapat kita lakukan adalah dengan cara bersedekah. Dari pada kita menghabiskan uang dengan mengadakan pesta ualng tahun yang berlebihan, alangkah lebih baik jika di buat untuk bersedekah untuk orang yang lebih membutuhkan lagi dari pada kita. Ada banyak sekali keutamaan bersedekah dalam islam yang bisa di dapat saat bertambahnya umur. Tanpa kita sadari banyak orang di sekitar kita yang membutuhkan bantuan dari kita. Dan bersedekah adalah salah satu cara untuk membantu mereka yang tidak mampu.

Yang ke empat adalah dengan cara menambah prestasi. Bertambahnya umur seharusnya menjadi tolak ukur untuk menambah prestasi kita. Karena sebaik-baik manusia adalah yang berguna dan bermanfaat bagi manusia lainnya.

Yang ke lima adalah dengan cara meningkatkan keimanan. Mengingat umur yang semakin bertambah, sebaiknya kita sikapi dengan semakin bertambahnya keimanan kita. Banyak cara untuk meningkatkan keimanan kita yaitu dengan cara meningkatkan akhlak. Memperbaiki cara sholat ,memperbanyak sholat Sunnah dan lain sebagainya. Dengan meningkatkat keimananan adalah salah satu cara kita mengganti acara ulang tahun yang berlebihan. Dan masih banyak lagi cara lain untuk menyikapi perayaan ulang tahun. (mm)

Tags: