Pengertian Metode Penelitian?

Pengertian metode penelitian telah banyak dikemukakan oleh para ahli dengan berbagai landasan teori salah satunya adalah dari ilmuan Creswell (2014), “research methods involve the form of data collection, analisis, dan intrepretation that research proposes for the studies” metode penelitian merupakan proses kegiatan pengumpulan data, analisis dan menginterpretasi dari tujuan penelitian.

Oleh karena itu secara umum metode penelitian merupakan cara ilmiah yang dilakukan untuk mendapatkan data dengan tujuan tertentu. Cara ilmiah berarti bentuk penelitian yang dilakukan dengan menggunakan cara-cara keilmuan yaitu rasional, empiris dan sistematis. Secara umum setiap penelitian mempunyai tujuan dan kegunaan tertentu yaitu menggambarkan, membuktikan, mengembangkan, menemukan dan menciptakan.

Penelitian yang menggambarkan yaitu mendeskripsikan apa yang terjadi dari obyek penelitian. Penelitian deskriptif dalam konteks penelitian kualitatif, kuantitatif dan kombinasi memiliki sifat yang menggambarkan obyek penelitian.

Penelitian yang membuktikan yang berarti data yang didapat itu dipergunakan untuk membuktikan suatu keraguan yang diperoleh terhadap informasi, teori, kebijakan, tidakan atau produk yang ada. Penelitian yang berusaha membuktikan secara umum biasanya menggunakan metode kuantitatif, misalnya pengaruh strategi pembelajaran terhadap hasil belajar di sekolah.

Penelitian yang mengembangkan yang berarti memperdalam atau menyempurnakan pengetahuan, teori, kebijakan, tidakan dan produk yang sudah ada, sehingga dapat menjadi lebih efektif dan efisien. Dalam penelitian pengembangan biasanya menggunakan metode Research and Development. Misalnya pengembangan bahan ajar berbasis LMS.

Penelitian yang menemukan yang berarti sesuai dengan namanya yaitu menemukan yang belum diketahui, biasanya metode yang digunakan dalam penelitian ini biasanya menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian dengan menggunakan metode kualitatif biasanya lebih cocok digunakan untuk menelitih yang lebih eksplorasi disuatu tempat sehingga nanti dapat menghasilkan temuan.

Penelitian yang menciptakan berarti membuat sesuatu yang sebelumnya belum ada atau belum ditemukan, dalam penelitian ini dipergunakan untuk menciptakan sesuatu yang belum ada atau mengembangkan model baru atau alat-alat kerja baru. Penelitian dengan jenis ini biasanya mengunakan metode penelitian Research and development.

Tags: