Upaya Guru Untuk Menghadapi Era Milenial

Guru adalah salah satu profesi dari sekian banyak profesi yang mulia. Karena guru berperan untuk mendidik, membimbing dan menyampaikan ilmu kepada para siswanya. Tak lupa, disekolah guru juga berperan sebagai orang tua bagi para siswanya. Di era saat ini, yaitu era Revolusi Industri atau disebut Revolusi Industri 4.0 merupakan era dimana segalanya telah berkembang pesat dengan berbagai macam inovasinya mulai dari pasar, segi keilmuan, teknologi dll. Jika suatu negara mengalami ketertinggalan kemajuan pada hal ini, maka yang akan terjadi negara tersebut akan mengalami kemunduran dan tidak dapat bersaing dengan negara-negara yang lain.

Untuk menghadapi hal tersebut, di dunia pendidikan juga dituntut untuk berubah. Karena pendidikan pada era Revolusi Industri 4.0 ini menggunakan sistem pendidikan yang dalam proses pembelajarannya memanfaatkan teknologi digital yang bersifat continue artinya proses pembelajaran tetap dapat berlangsung tanpa batas ruang maupun batas waktu. Sebagai contoh hadirnya smartphone atau telepon pintar yang dapat mengakses segalanya dengan mudah, salah satunya adalah konten pendidikan.

Dalam era saat ini, pendidik dan peserta didik diharuskan untuk dapat memiliki kemampuan belajar dan mengajar sesuai dengan era masa kini. Penanaman sikap yang baik dan moral yang baik juga harus selalu dicerminkan oleh guru, karena pada era Revolusi Industri ini dapat sekali hal positif ataupun negatif masuk ke dalam internet yang dapat diakses maupun dijangkau dengan mudah pada anak usia sekolah. Tidak kalah penting juga, penanaman nilai kejujuran juga harus selalu ditanamkan. Karena sering sekali saya temui dan saya alami penanaman kejujuran kurang dilakukan oleh guru, guru lebih respect kepada anak yang lebih dahulu mengumpulkan tugas dan mendapatkan nilai yang bagus tanpa mengetahui dan memperdulikan bagaimana cara anak tersebut dapat mengerjakan soal maupun tugas yang diberikan.

Hal tersebut sangat penting sekali untuk ditanamkan karena penanaman nilai-nilai yang positif tersebut dapat berpengaruh pada sifat generasi muda yang akan menjadi pemimpin dunia pada masa yang akan datang. Untuk mempersiapkan para guru dalam menghadapi Revolusi Industro 4.0 hal-hal yang harus dimiliki oleh guru adalah sebagai berikut:

  1. Guru diharapkan mampu untuk memberikan penilaian secara Komprehensif. Penilaian yang diberikan oleh guru tidak hanya terpaku pada penilaian kognitif siswa atau pengetahuan siswa saja, tetapi penilaian guru juga harus memperhatikan pada semua aspek yang meliputi pengetahuan, karakter dan keterampilan. Aspek- aspek tersebut dapat digali, diasah dan terevaluasi dalam proses pembelajaran di dalam kelas.
  2. Kompetensi abad 21 yang harus dimiliki guru. Karena guru menghadapi para siswa yang harus mempunyai ketrampilan abad 21, maka guru pun harus belajar dan manguasai kompetensi tersebut diantaranya:
    a. Karakter: guru harus menanamkan nilai dan karakter yang baik kepada siswa diantaranya adalah karakter jujur, memiliki sopan santun, amanah, memiliki sifat kerja keras, tidak mudah menyerah, gigih, tanggung jawab, disiplin, dll. Pembelajaran yang didapat dari keteladanan seorang guru juga dapat lebih merasuk ke dalam jiwa untuk para siswa.
    b. Keterampilan: menjadi guru harus mempunyai keterampilan yang kritis, kreatif, kolaboratif dan komunikatif dalam menjelaskan ilmu pengetahuan kepada siswa.
    c. Literasi: sebagai upaya mewujudkan generasi yang unggul an berkualitas, kemampuan literasi ini harus tertanam pada guru dan siswa. karena dengan literasi ilmu yang didapatkan akan lebih meluas dan sumber pengetahuan guru tidak hanya terpaku pada satu buku saja, tetapi banyak sumber.
  3. Guru menerapkan pembelajaran dikelas dengan pembelajaran yang inovatif dan Autentic Learning. Pembelajaran tersebut dapat dilakukan dengan memasukkan pola problem based dan learning project based learning yang dikemas secara joyfull dan inovatif learning yang diharapkan siswa dapat terlatih dan terasah kemampuannya untuk menyiapkan diri dalam menghadapi zaman yang semakin berkembang. (Nurul Chikmia)

Tags: