Bagaimana Dampak Penggunaan Gadget ?

Di zaman milenial saat ini manusia tidak dapat dipisahkan dari peranan teknologi, yang sering kita jumpai saat ini adalah maraknya penggunaan gadget disemua kalagan baik tua remaja bahkan sampai anak usia dini. Gadget adalah alat komunikasi canggih yang berukuran kecil namun memiliki unit kerja yang tinggi yang didalamnya terdapat fitur-fitur aplikasi yang menujang kebutuhan kehidupan sehari-hari. Di zaman yang semakin maju seperti saat ini gadged mengalami perkembangan yang sangat pesat yang dahulu hanya bisa digunakan sebagai alat komunikasi suara kini dapat menjadi robot yang selalu dibutuhkan dan menjadi kebutuhan primer disemua kalangan.

Gadget yang digunakan oleh semua kalangan memberikan dampak terhadap penggunanya terutama bagi anak dibawah umur yang kurang bijak dalam penggunaan gadget, berikut ini merupakan dampak positif pengunaan gadget bagi anak usia dini atau siswi sekolah dasar.

  1. Dapat menambah pengetahuan dan wawasan, penggunaan internet melalui gadget sangat membantu anak anak dalam mencari tugas sekolah dan dari kebiasaan membaca artikel di internet dapat juga menambah wawasan bagi anak sekolah dasar.
  2. Menambah jaringan pertemanan, penggunaan media sosial melalui gadget sangat mudah menambah jaringan pertemanan anak-anak dalam mencari eman dapat dilakukan melalui instagram atau melalui facebook dengan memanfaatkan aplikasi tersebut abak dapat dengan mudah menambah teman dari berbgai daerah dengan mudah.
  3. Melatih dan mengasah kekreatifan, adanya aplikasi editing di gadget dapat menambah kekreatifan seorang anak karena dalam gadget terdapat juga aplikasi yang membantu anak dalam mengemangkan kekreatifan seperti aplikasi mewarnai dan menggambar.

Saat kita bahas tentang dampak positif akan terasa kurang lengkap jika kita tidak membahas tentang dampak positif karna kita telah mengetahui bersama jika segala sesuatu memiliki pro dan kontra termasuk juga dalam penggunaan gadget oleh anak sekolah dasar. Berikut ini merupakan dampak negatif dari penggunaan gadget.

  1. Resiko terkena radiasi, bagi anak anak terkena pancaran radiasi yang membuat syaraf rusak sangatlah muda karena syaraf mereka relalu rentan, sebab itu kita serin menumpai anak sekolah dasar yang sudah mengunakan kaca mata minus dan radiasi gadget adalah salah satu penyebabnya.
  2. Kurangnya perkembangan otak, saat anak sekolah dasar terlalu sering menggunakan gadged maka anak tersebut hanya terfokus pada apa yang ada di gadget. Misalnya anak tersebut main game jadi fikiran anak tersebut hanya bagaimana cara dia memenangkan game tersebut, hana fokus pada satu masalah jadi perkembangan otak dalam bertindak tidak akan maksimal
  3. Kecanduan, candu dalam menggunakan gadget adalah efek yang paling terkihat yaitu anak akan merasa tidak nyaman jika mereka tidak bermain gadget, dalam satu hari waktu mereka belajar akan berkurang dan lebih cenderung dengan game di gadget. Saat belaar mereka juga bisa dibantu oleh google mereka dengan mudah mendapat jawaban dari google yang terkadang mereka sendiri tidak faham apa yang iya kerjakan hanya menyalin jawaban saja. Hal seperti itulah yang menjadi da,pak positif bagi anak usian dini.
  4. Kurangnya sosialisasi terhadap lingkungan sekitar, saat anak bermain gadget anak akan cenderug dalam rumah dan menghabiskan waktu hanya dengan bermain gadget. Terkadang meskipun mereka bermain saat mereka di tempat yang sama mereka tetap akan bermain sendiri sendiri dan tidak berbincang dengan temannya itulah mengapa sekarang anak sekolah dasar kurang mengerti bagaimana cara bersosialisasi dengan baik.

Itu merupakan beberapa dampak yang disebabkan oleh gadged bagi anak usia dini, lalu bagaimana seharusnya peran keluarga agar dapat terhindar atau meminimalisir terjadinya dampak negatif oleh gadget? Jadi sebagai keluarga yang sangat dekat dengan si anak kita dapat memberi contoh yang baik seperi tidak berlebihan mnggunakan gadget, teteap belajar lewat buku dan tidak bergantung pada kecanggihan teknologi, dapat diminimalisir dengan cara menggawasi penggunaan gadgen memberi batasan waktu bermain gadget misalnya satu hari 2 jam, kita sebagai keluarga harus mmberikan waktu belajar bersama dilingkungan agar anak tidak bosan dan bisa mengurangi penggunaan gadget.

Demikian merupakan dampak positif dan negatif dari penggunaan gadget dan beberapa cara meminimalisir pemggunaan gadget bagi anak usia dini (DAA)

Tags: