Cara Membuat Nomor Halaman Beda Format Dalam Satu File

Tahukah anda bahwa di MS Office terdiri dari beberapa subprogram atau bagian dari program office salah satunya adalah microsoft word atau sering disebut dengan word. Word ini sangat berguna terutama bagi yang pekerjaannya berkaitan tentang administrasi atau berkaitan tentang profesi anda masing-masing.

Dalam word memiliki berbagai fasilitas yang telah disiapkan untuk menunjang pekerjaan kita, namun apakah itu sudah dimnfaatkan semua atau hanya sebagian kecil saja?. Tentu yang mengetahui itu ada pada diri kita. 

Oleh karena itu sadarkah kita bahwa kadang hal-hal yang diangap kecil justru akan membantu kita pada masa sekarang atau yang akan datang, termasuk dalam hal pemberian nomor halaman entah itu laporan, makalah, skripsi, tesis, disertasi dan lain-lain.

Jika anda sering membaca karya ilmiah, maka sering dijumpai adanya aturan pemberian nomor halaman yang berbeda, mulai dari tata letaknya sampai pada pemberian halaman dengan kombinasi huruf dan angka dan lain.

Berdasarkan hal tersebut di atas, maka melalui tulisan ini saya akan membuat bagaimana cara membuat penomoran halaman yang berbeda dalam satu file. Namun pada tutorial ini saya menggunakan word versi 2016, pada dasarnya semua word sama.

Jika anda tertarik mencobanya silahkan ikuti langkah-langkah sebagai berikut :

Langkah Pertama : tentu anda harus punya file yang akan diformat halamannya, contoh kali ini saya buat dari salah satu makalah milik saya.

Langkah Kedua : Silahkan buka file yang akan diberi nomor halaman, lalu klik tab InsertklikPage Number,maka akan muncul beberapa pilihan : Top of Page berfungsi pemberian nomor halaman dibagian atas  dokumen, Botton of Page berfungsi menempatkan halaman dibagian bawah dokumen, Page Margins berfungsi menempatkan nomor halaman dibagian kiri atau kanan pada dokumen dan Current Positions, berfungsi memberikan halaman berdasarkan letak kursor.

Tinggal anda pilih berdasarkan gaya dan aturan masing-masing penomoran halaman pada karya ilmiah anda. Namun pada contoh ini saya menggunakan yang pertama pada botton of page lalu saya pilih Plain number 2 karena saya akan menempatkan halaman center di bagian bawah dokumen. Lihat gambar berikut :

Langkah Ketiga : Pada tahap ini pemberian halaman sudah muncul di semua dokumen anda pada bagian bawah dengan posisi center dengan angka (1,2,3…..dst). selanjutnya kita akan mengubah halaman tersebut mulai dari halaman judul sampai sebelum BAB I menjadi huruf (i, ii,iii…dst). untuk mengubahnya cukup mudah klik kanan di dekat nomor halaman lalu pilih edit footer , lalu muncul menu design klik Page Number,pilih Format Page Number, maka akan muncul tampilan baru lalu lakukan perubahan seperti gambar berikut lalu klik OK.Lihat hasilnya sudah berubah kan?.

 Langkah Keempat :kita akan mengubah pada halaman BAB 1 menjadi angka (1,2,3….dst) dengan posisi halaman berada dibagian bawa posisi center. Caranya Posisi kursor tepat berada dihalaman sebelum BAB 1lalu pilih layoutklik Breaks dan pilih Next Page seperti contoh gambar berikut :

Langkah Kelima : aktifkan footer dengan mengklik kanan pada bagian bawah dokumen lalu pilih edit footerlalu pilih desgndan non aktifkan link to Previousdengan cara mengkliknya seperti gambar berikut, setelah itu lakukan pemberian nomor halaman dengan menggunakan angka. Seperti pada langkah ketiga di atas.

Langkah keenam : untuk mengubah halaman keposisi yang alain seperi penomoran halaman di bagian atas halaman atau bab selanjutnya lakukan seperti langkah kelima.  Jika sudah sampai pada tahap ini itu artinya anda sudah berhasil membuat penomoran halaman yang berbeda dalam satu file.

Sekian tutorial ini semoga bermanfaat dan sampai jumpa di tutorial berikutnya, dan jika dirasa kurang jelas simak juga video tutorial berikut ini

Lihat Video Lengkapnya di : https://youtu.be/Kpdd1eUMUiY

Tags: