Cara Menampilkan Folder Tersembunyi di Flashdisk

Flashdisk merupakan salah satu media penyimpanan dokumen atau fail elektronik saat ini yang sangat di gemari oleh masyarakat, karena disamping simpel saat dibawa kapasitasnyapun sangat bervariasi mulai dari yang satuan GB, sampai puluhan GB bahkan lebih.

Selain itu pula telah tersedia dengan berbagai jenis dan merek yang tersebar luas dipasaran dan harganya pun cukup terjangkau, tetapi dibalik kemudahan itu, tentu pengguna flashdisk seslaui dipusingkan dengan berbagai masalah misalnya saja folder yang tiba-tiba menghilang.

Biasanya flashdisk tersebut terhidden atau file yang ada didalamnya tersebunyi, pada hal file tersebut merupkan dokumen penting yang tiba-tiba hilang dalam flasdidk kita atau tidak terbaca ketika dibuka di komputer atau dilaptop.

Jika anda pernah mengalami hal tersebut tidak usah terlalu panik dahulu, saran saya lebih baik tenang mencari solusinya, sebab ingatkah anda bahwa kita sering mendengarkan kata-kata yang mengatakan bahwa setiap masalah ada solusinya.

Kerena hal tersebut bisa saja terjadi kapan dan dimana saja pada flashdisk anda dan tidak memilih siapa saja orangnnya dan salah satu penyebabnya biasanya karena terserang oleh virus, sehingga seolah-olah file kita terhapus atau hilang begitu saja.

Oleh karena itu jika anda mengalami hal seperti itu ada beberapa cara yang bisa anda lalukan agar masalah yang menimpa anda mendapatkan solusi terbaik. Ana bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini :

Langkah pertama :Pasang flasdisk anda pada komputer atau laptop, dan pastikan tidak ada program atau file yang sedang berjalan demi mengurangi terjadinya eror.

Langkah kedua : jika anda menggunakan windows 7 klik star pada komputer anda lalu pilih control panel klik Apperance and Personalization lalu klik Show hidden file and folder seperti tampilan berikut

Langkah ketiga :centang pada bagian show hidden file, folder, and driverdan klik applylaluOK,seperti tampilan berikut :

Dengan menggunakan cara ini jika file tersebunyi karena virus atau karena kesalahan teknis, maka semesstinya anda sudah berhasil memunculkan faile tersebut. Tetapi jika anda tidak berhasil dengan maka anda bisa melakukan cara yang kedua ini.

Berikut langkah-langkanya yang anda bisa lakukan jika cara pertama tidak berhasil, semoga cara kedua ini anda berhasil :

Langkah pertama sambungkan flashdisk anda terlebih dahulu, lalu pastikan anda mengetahui di drive apa posisi flasdisk anda (apakah itu di Drive E:)

Langkah kedua : pada langkah ini tekan tombol Windows + Rsecara bersamaan kemudian ketik CMDlalu tekan enter, maka akan muncul dialog box  lalu ketik E:dan tekan enter (E menunjukan posisi Drive flasdisk anda tadi), lalu ketikan Perintah attrib –s –h *.* /s /dseperti gambar berikut :

Lalu tekan enter biarkan proses berjalan sampai keluar folder yang tersembunyi.

Keterangan

(attrib) : menunukan atribut

(-) : menunjukan perintah unhidden atau menampilkan file

(-s) : menunjukan perintah untuk mengembalikan file agar bisa di baca oleh sistem

(-h) : menunjukan perintah untuk menampilkan file yang terhidden

(-r) : menunjukan perintah agar file dalam keadaan read only

(*.*) : menunjukan perintah agar menampilkan semua jenis file ekstensi.

jika sudah selesai keluarkan CMD dengan mengklosnya (X), semoga dengan cara ini file anda akan muncul kembali yang disebabkan tersembunyi karena firus, bukan mengembalikan file karena terhapus, dan sebagai alternatif lain anda juga bisa menggunakan smadav.

Tags: