Masuk PTN, Persaingan Makin Ketat

Apakak yang dimaksud PTN? Apa persaingan untuk menjanjutkan pendidikan di perguruan tinggi negeri makin ketat? Berikut akan kami jelaskan seputar perguruan tinggi.

Meneruskan pendidikan ke perguruan tinggi tentunya adalah idaman semua orang. Melanjutkan pendidikan ke jenjang tinnggi merupakan hampir mimpi semua orang. Pendidikan yang makin tinggi dalam masyarakat umum lebih dipandang. Mengapa banyak orang yang ingin melanjutkan pendidikanya di perguruan tinggi ? Menyandang status “sarjana” adalah idaman yang tidak ternilai harganya bagi setiap orang. Berkuliah memiliki keunggulan dan kelebihan sebagai berikut : mempermudah mencari pekerjaan, meningkatkan (SDM) sumber daya manusia, meningkatkan status sosial, wadah untuk mencari relasi.

Perguruan tinggi dianggap sebagai institusi yang tidak hanya bernuansa memberikan penelitian dan pendidikan saja, juga memberikan bentuk sikap individu yang bertindak mandiri. Perkembagan pendidikan tinggi di Indonesia, banyak didukung oleh partisipasi aktif perguruan tinggi swasta yang jumlahnya lebih banyak dari jumlah perguruan tinggi negeri.

Memasuki tahun ajaran baru, siswa yang telah lulus dari SMA tentunya ingin melanjutkan kuliahnya. Siswa banyak yang ingin melanjutkan pendidikanya di perguruan tinggi ternama. Mereka ingin masuk universitas yang mereka idolakan. Universitas-universitas unggulan menjadi daya pikat bagi siswa yang ingin melanjutkan pendidikan. Dibalik harapan besar mereka itu terselip perkara lain yang mengintai, yaitu perasingan. Bayangkan saja jumlah seluruh siswa ingin masuk di perguruan tinggi ternama, tentunya tidak sedikit.

Ratusan ribu orang bersaing untuk memperebutkan PTN ternama yang sama. Salah satu media untuk masuk PTN yaitu melalui ujian SBMPTN. Jika sekarang ini tidak dicicil dengan giat dan belajar seputar SBMPTN . tanpa sadar diluar sana sainganya sedang mati matian untuk terus belajar, sedang ia bermalasan dirumah. Harapan untuk menjejakkan kaki di PTN ternama tidaklah mudah. Perlu kerja keras, dan keuletan. Dibutuhkan kerja keras untuk mencapai suatu harapan yang tinggi.

“Pada tahun 20018, pendaftar SBMPTN Sebanyak 860.000 peserta, sedangkan yang di terima hanya 165.831. angka ingi terpaut sangat jauh jika diprosentasikan mungkin hanya 19.28 % dari 100% yang diterima melalui SBMPTN” Info ini bersumber dari direktorat pembelajaran dan kemahasiswaan pada tanggal 3 Juli 2018. PTN yang digemari dan menjadi incaran calon mahasiswa adalah kampus yang tentunya memiliki spesifkasi yang bagus dan ternama. Universitas yang terkenal ataupun sudah banyak lulusan dari sana yang menjadi orang-orang besar juga banyak diincar oleh mahasswa. Bersumber dari compas.com yang dipublikasikan pada 08 Mei 2018,berikut PTN yang paling diminati di Indonesia:

  1. universitas Indonesia 52.591 peserta
  2. universitas gadjah mada 46095 peserta
  3. universitas padjajaran 44.138 peserta
  4. universitas brawijaya 36.468 peserta
  5. universitas hasanudin 35.53 peserta.

Dari 5 universitas diatas merupakan universitas dengan peminat pendaftar terbanyak pada tahun 2018. Bayangkan saja dalalm satu universitas terdapat puluhan ribu pendaftar, sedangkan yang diterima hanya sekitar seribuan saja. Angka ini benar benar harus disadari oleh para pejuang SBMPTN ataupun pejuang PTN dengan jalur masuk apaun itu.

Ujian SBMPTN adalah Hal yang tidak sepele, sebagian siswa yang rela menyiapkan persiapan sejak masuk kelas XII SMA , dan juga mengambil les prifat khusus untuk fokus persiapan ujian SBMPTN.

Peserta ujian masuk PTN bukan hanya dari SMA saja , namun juga dari SMK. Tidak menutup kemungkinan anak SMK masuk PTN dengan jalur SBMPTN. Siswa SMK juga memliki peluang untuk masuk seleksi asalkan mau berjuang dan berusaha untuk dapat masuk PTN yang diinginkan tersebut. Memang bukan perkara mudah tapi dengan kerja keras dan tekun maka akan terpatahkan kemustahilan yang ada dibenak.

Pendidikan tinggi sangat penting dan berpengaruh untuk generasi milenials. Dengan pendidikan yang lebih tinggi maka taraf hidup bermasyarakat juga akan semakin tinggi pula. Sumber daya manusia yang tadinya rendah bisa meningkat dengan belajar lebih tentang pengtahuan. Dengan pendidikan yang tinggi pula dapat ikut membantu menjadikan Indonesia Negara yang lebih bermartabat.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Terutama bagi siswa siswi yang akan melanjutkan pendidikanya agar mantab dalam memutuskan jalan kedepan mengenai perguruan tinggi. Aamiin ya robbal alamin (FINA ZA’IMIA HUBA)

Tags: