Lilu si Ulat Bulu

  • Whatsapp
Pada suatu hari, disebuah Sabana tinggallah beberapa hewan kecil seperti semut, lebah, laba-laba dan ulat bulu. Semut merupakan hewan yang terkenal karena jiwa gotong royongnya dengan para teman-temannya. Hewan pekerja yang lain ada lebah yang setiap hari mengumpulkan sari bunga untuk disimpan sebagai cadangan makanan. Ibu Suri adalah seekor laba-laba yang sudah tua dan sangat disegani oleh hewan lain di Sabana. Lilu adalah seekor ulat bulu yang menjadi salah satu penguhi baru di Sabana tersebut. Pada suatu sore Lilu tengan berjalan-jalan untuk mencari makan. Ketika ia sampai disekitar kolam Lilu bertemu dengan laba-laba betina yang sudah tua.

“Kamu ngapain disini?” tanya laba-laba betina itu. “Namaku Lilu, dari Padang Rumput itu,” jawab Lilu sambil menunjuk kearah padang rumput tersebut. “Hai Lilu, perkenalkan nama saya Suri. Hewan lain memanggilku Ibu Suri,” jawab laba-laba betina itu. “Oh hai Ibu Suri, salam kenal dari penghuni Padang Rumput,” jawab Lilu dengan semangat. “Sedang apa kau?” tanya Ibu Suri. “Mereka menebang pohon yang akan menjadi tempatku hibernasi,” jawab Lilu dengan nada sedih. “Jangan bersedih Lilu, Sabana ini memiliki pohon yang cukup untuk tempatmu tinggal,” “Benarkah Ibu Suri?” jawab Lilu dengan antusias. “Iya Lilu, berhati-hatilah hari sudah mulai petang,” jawab Ibu Suri. Setelah bertemu Ibu Suri, Lilu semakin antusias untuk mencari tempat yang cocok dengannya. Tak butuh waktu lama. Lilu menemukan sebuah pohon yang tinggi dan besar. “Aku akan aman disini,” pikir Lilu.

“Hai kau!!!” Lilu yang kebinggungan mencoba mencari asal suara dengan melihat kanan dan kirinya. “Aku di atasmu,” lalu Lilu mendongak ke atas dan mendapati sekelompok lebah pekerja yang sudah terbang mengarah ke arahnya.

Baca Juga :  Puisi versi Sibocah kampung dari pelosok
“Aku lagi cari makan,” jelas Lilu pada sekawanan lebah itu. “Kenapa kau memilih ini?” kata seekor lebah pekerja. “Aku bisa aman disini,” jawab Lilu. Kau pasti akan kesusahan untuk naik ke pohon ini!” jawab lebah pekerja. “Tapi hari sudah mulai gelap. Izinkan aku untuk menginap di pohon kalian. Satu malam ini saja” harap Lilu pada kelompok lebah pekerja.

“Baik, hanya malam ini saja,” lalu sekelompok lebah itu meninggalkan Lilu di bawah pohon seorang diri.

Pos terkait