Pengaruh media sosial bagi masyarakat

Halo teman-temen pada artikel ini saya akan membahas ‘’apa saja pengeruh dari media sosial bagi masyarakat, bisa kita lihat media sosial di masyarakat sangat berekembang pesat, dari awal mulanya hanya fecebook dan twiter sekarang sudah bayak media sosial yang di kembangkan seperti yang dapat kita lihat ada watshap, line dan instagram dan masik banyak lagi, dari perkembangan media sosial yang sangat pesat. saya ingin mengupas apa saja pengeruh dari perekembangan itu.

Dapat kita lihat perkembangan media sosial itu sangat berdampak bagi masyarakat dari hal positif maupuan negatif, untuk itu kita selaku generasi muda harus bisa berfikir keritis tentang apa saja dampak yang diakibatkan dari media sosial agar kita tidak terjerumus ke hal yang negatif, untuk itu artikel ini akan mengupas apa saja dampak negatif atau positif antara lain:

  1. Media sosial sebagai penyampai informasi yang sangat mudah menyeber kerana hampir setiap orang yang mempunyai televon yang dapat melihat atau mengaksesnya dengan mudah dan cepat. Sehingga berita yang baru terjadi beberapa menit itu bisa kita lihat karena kecanggihan dari sosial media.
  2. Jejering sosial membuat teman atau kerabat yang jauh serasa dekat karena mampu berkomunikasi lewat sosial media seperti lewat video call dan lain lain tentunya akan sangat membantu, dan masalah biaya pun juga terjangkau, sehingga hampir semua masyarakat bisa mersakannya.
  3. Mempermudah masyarakat dalam berbelanja, karena dengan adanya media sosial kita membeli barang tidak harus ketoko barang tersebut hanya melihat dari sosial media.
  4. Media sosial sebagai media jalan dakawah untuk menyampikan ajaran ajaran islam.

Selanjutnya saya akan mengupas dampak negatif dari media sosial agar teman teman bisa meminimalisir untuk mencegah hal hal yang negtif dari media sosial anatara lain:

  1. Bisa menjadikan diri kita yang individualis mungkin itu yang sering kita jumpai, seperti halnya kita ngumpul bareng seseorang yang individualis dia akan asik dengan telvon tanpa memperdulikan temannya sehingga keakraban dari teman pun akan berkurang.
  2. Menjadikan diri kita meles untuk beraktifitas, mungkin kita sering melakukannya ketika sudah mengunakan sosial media seperti instagram, whatsapp, fecebook dan line tentunya kita akan meles melakukan aktifitas’
  3. Menjadikan seseorang susah bersosialisasi kerana sesorang yang sudah kecanduan media sosial tidak memperdulikan lingkungan yang sering ia lakukan adalah seperti posting di facebook istagram dan lain lain

Itulah penjelasan mengenai dampak positif maupun negatif dari media sosial, dari penjelasan di atas mungkin kita bisa berfikir luas agar diri kita tidak melakukan hal-hal yang negatif kalaupuan kita melakukannya mungkin bisa untuk diminimalisir agar menjadikan diri kita lebih baik, untuk hal yang positif mungkin banyak kita petik seperti memafaatkan media sosial untuk bejualan memanfaatkan untuk berebalanja dan masih banyak lagi. Media sosial kalau kita mampu untuk menfatkan seperti jualan tentunya akan menjadi wadah untuk kita memulai pekerjaan. Itulah salah satu cara agar kita sukses dalam mengunakan media sosial.

Pada intinya media sosial itu sangat begus kalau kita mempu memilih mana yang baik dan mana yang buruk, dan menjahui yang negtif bagi diri kita, untuk itu kita harus mampu intropeksi diri apakah saya sudah bener mengunakan sosial media, agar kita tidak salah mengunakan, karena jika kita sudah terjerumas dalam hal negatif tentunya diri kita akan sulit untuk menghilangkan. (Sunanto).

Tags: