Bahaya Gadget Bagi Anak

Assalamualaikum, semua! kali ini saya akan mengulas tentang bahaya gadget bagi anak. akhir-akhir ini, banyak orang tua yang dengan sangat mudah memberi gadget pada anak. karena menurutnya, gadget adalah senjata ampuh untuk menenangkan anak yang sedang rewel ketika para orang tua sedang sibuk dengan pekerjaannya atau aktivitasnya. Padahal, jika anak terlalu sering bermain gadget, maka dapat menimbulkan bahaya loh. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak penjelasan dibawah ini.

Pengertian gadget

Tahukah anda, apa itu gadget? Gadget adalah benda berbentuk persegi yang tersusun dari perangkat dan membentuk sebuah mesin kecil yang dapat mengakses berbagai hal, mulai dari hal yang berbau informatif, hiburan sampai sensasional. Gadget muncul di era modern. Sebelum adanya gadget, telah muncul handphone.Handphone pada zaman dahulu hanya berfungsi untuk mengirim pesan dan menelpon. Namun seiring dengan perkembangan zaman, handphone berkembang menjadi gadget, yang tidak hanya dapat untuk mengirim pesan dan menelpon, tetapi juga dapat untuk mengakses berbagai hal, mulai dari berita lokal sampai berita diseluruh dunia hanya berbekal pada koneksi internet atau jaringan WIFI.

Penggunaan gadget tidak selamanya memiliki dampak yang positif. Jika gadget digunakan dengan baik dan tepat, maka gadget dapat bernilai positif dan bermanfaat bagi manusia. manusia dapat menambah ilmu serta wawasan dalam penggunaan gadget tersebut. Namun sebaliknya, jika manusia tidak dapat menggunakan gadget dengan baik dan tepat, maka manusia dapat lalai dengan aktifitas kehidupan dunia nyata, percaya begitu saja dengan berita bohong atau hoax di dunia maya, atau yang lebih parah lagi manusia akan sulit berinteraksi dan bersosialisasi langsung dengan manusia yang lain.

Sebab-sebab anak kecanduan gadget

  1. kurang tepat dalam pengasuhan anak. memang tidak mudah ketika orang tua disibukkan dengan pekerjaan, pekerjaan rumah maupun kegiatan komunitas yang diikuti orang tua dan dilakukan bersamaan dengan mendampingi anak. ketika anak rewel maka orang tua akan dengan sengaja memberikan gadget agar anak diam dan tenang tanpa memberikan batasan waktu untuk bermain gadget pada anak. dan jika hal tersebut terus menerus dilakukan, maka akan menimbulkan dampak yang kurang baik bagi anak.
  2. kesalahan orang tua dalam menerapkan kebiasaan. Ketika orang tua melarang anak bermain gadget, harusnya orang tua juga tidak bermain gadget di depan anaknya. Karena usia anak adalah peniru kebiasaan orang tuanya.
  3. Efek dopamin. Salah satu peneliti dari UCLA mengatakan, bahwa gadget, smartphone, video game atau sejenisnya memiliki efek yang sama dengan narkoba, yakni dapat mengakibatkan kecanduan dan dapat disebut juga sebagai narkoba elektronik.
  4. Pengendalian diri yang rendah. pada usia anak-anak pengendalian diri masih dalam masa perkembangan. Mereka hanya akan melakukan hal yang dianggap menyenangkan atau menguntungkan dalam dirinya. Dan belum mampu dalam menentukan efek buruk atau baik untuk jangka panjang. Karena itu, mereka akan terus bermain tanpa menentukan batas waktu untuk bermain gadget. Dalam hal ini, pengawasan orang tua sangat berperan dalam menentukan batasan waktu dan mengetahui apa yang dimainkan anak dalam gadget.
  5. Pengaruh dari lingkungan. Anak mengikuti kebiasaan pergaulan serta kebiasaan temannya yang bermain gadget.

Bahaya gadget bagi anak

Ketika anak bermain gadget tanpa ada batasan waktu, pengendalian diri serta tanpa pengawasan orang tua dapat menimbulkan bahaya. Berikut ini adalah bahaya gadget bagi anak.

  1. Pertumbuhan otak anak yang terganggu. pertumbuhan otak mulai berkembang pesat dari usia 0 sampai 21 tahun dan dipengaruhi juga dengan stimulasi lingkungan. Jika anak dalam masa usia pertumbuhan otak kemudian mulai terkontaminasi dengan stimulus yang berlebih dari gadget, game atau sejenisnya. Anak akan mengalami gangguan pertumbuhan pada otak, seperti keterlambatan dalam bidang kognitif, kurang mandiri, gangguan belajar dan lain sebagainya.
  2. Keterlambatan tumbuh kembang anak. anak yang terus menerus bermain gadget dapat mengakibatkan keterlambatan tumbuh kembang. Karena, anak jarang untuk bergerak dengan angota fisiknya.
  3. Kurang tidur. Anak yang telah kecanduan dengan gadget dan bermain tanpa pengawasan orang tua akan terus menerus bermain tanpa memperdulikan kebutuhan tubuhnya untuk beristirahat atau tidur. Padahal otak manusia berkembang dengan baik saat tubuh sedang tidur. Jika otak berkembang dengan baik, maka funsi otak juga akan berfungsi dengan baik.
  4. Kelainan mental. Penggunaan gadget secara berlebihan juga akan membuat anak depresi, sering cemas, bipolar dan lain sebagainya.

Cara mencegah anak agar tidak kecanduan gadget

Cara mencegah anak agar tidak kecanduan gadget adalah sebagai berikut ini.

  1. Memberi batasan waktu. pada usia anak-anak, waktu yang ideal untuk bermain gadget adalah 30 menit sampai 1 jam. Jika lebih dari itu, dikhawatirkan anak akan kecanduan dengan gadget. Oleh karena itu, dibutuhkan pengawasan orang tua dalam memberi batasan waktu pada anak.
  2. Meluangkan waktu untuk bermain dengan anak. untuk mencega anak agar tidak kecanduan dengan gadget, juga diperlukan orang tua yang aktif dan kreatif serta meluangkan waktu untuk bermain bersama anak. usaha orang tua seperti hal tersebut adalah untuk mengalihkan anak dari kebosanan yang kemudian meminta untuk bermain gadget.

Sekian ulasan saya mengenai bahaya gadget bagi anak. tanpa kita sadari ternyata gadget memiliki bahaya bagi anak. tetapi tidak selamanya juga gadget memiliki efek negatif. Pemakaian gadget yang baik dan tepat dapat meminimalisir efek buruk pada gadget. Bahkan dengan gadget juga kita dapat memperluas wawasan sert memperoleh informasi dan ilmu yang banyak, lho. Jadi, gunakan gadget dengan bijak.

Tags: