Criteria For Becoming A Professional Teacher

Pada tulisan kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara menjadi guru yang baik. Berbicara soal guru, apa yang ada di dalam pikiran kalian tentang guru. Banyak yang berpendapat bahwa guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa, ada juga yang mengatakan bahwa guru adalah orang tua kedua kita di sekolah. Semua asumsi tersebut tidak ada yang salah. Pastinya kita menyadari dan paham bahwa guru memegang peranan yang sangat penting dalam dunia pendidikan. Guru juga dapat membawa dampak yang besar dalam kehidupan para siswanya, entah dampak positif atau dampak negatif. Dalam realitasnya tidak semua guru disukai para siswanya. Lalu, bagaimana cara menjadi guru yang baik dan idaman bagi para siswa? Scroll down ya sobat!

Di bawah ini ada beberapa kriteria agar bisa menjadi guru idaman bagi semua siswa, sebagai berikut:

  • Berwibawa (authoritative). Seorang guru yang baik tentunya harus memiliki sifat ini. Para guru diharuskan mempunyai suara yang lantang dan jelas agar semua murid bisa mendengarnya. Guru juga mampu menerapkan peraturan atau tata tertib yang jelas dan dapat menjaga ketertiban kelas.
  • Menghargai (appreciate). Walaupun guru adalah sosok yang paling disegani atau dihormati, beliau juga harus bisa mengahargai apapun yang telah dilakukan siswa, tidak melecehkan atau mempermalukan siswa, mengucapkan kata tolong dan terimakasih jika telah meminta sesuatu kepada siswanya, tidak memotong pembicaraan siswa dan juga tidak membentak atau berkata kasar kepada siswa.
  • Pendengar yang baik (a good listener).Guru juga harus bisa menjadi pendengar yang baik, selalu mendengarkan keluh kesah yang dialami setiap siswanya, tidak tergesa-gesa ingin memotong pembicaraan siswa.
  • Kreatif (creative). Seorang siswa akan mudah mengalami bosan jika pembelajaran yang disampaikan oleh guru hanya melulu tentang cerita dan berceramah saja (monoton), maka dari itu seorang guru dituntut untuk menjadi kreatif. Hal itu bisa dilakukan dengan bereksperimen menggunakan metode mengajar yang lain (praktek lapangan, menampilkan video yang sesuai dengan pembelajaran, melakukan kegiatan bermain peran, dan lain sebagainya), menggunakan produk yang menunjang pada saat kegiatan belajar mengajar.
  • Disiplin (discipline). Guru adalah panutan bagi siswanya. Apapun yang dilakukan oleh guru akan dilakukan (ditiru) juga oleh siswa. Seorang guru harus mampu memberi contoh yang baik untuk siswanya. Misalkan selalu datang tepat waktu, mengakhiri kegiatan belajar mengajar saat bel istirahat sudah berbunyi.
  • Menguasai materi. Acap kali kita menjumpai guru yang ketika mengajar selalu melihat buku (seperti LKS, buku paket). Guru yang baik adalah guru yang mampu menguasai materi. Ketika ditanya oleh siswanya seorang guru harus bisa menjawabnya, tidak membaca terlebih dahulu di buku, dan mampu memberikan contoh-contoh agar siswa mudah memahami.
  • Ramah (friendly). Para siswa pasti senang ketika ia memiliki seorang guru yang ramah, murah senyum, penuh keakraban. Guru juga harus bisa mencairkan suasana di kelas agar kegiatan pembelajaran tidak terlalu menegangkan, seperti membuat lelucon yang bisa menimbulkan gelak tawa siswanya dan ikut tertawa bersama mereka juga.

Poinpoin di atas adalah cara agar menjadi guru yang baik dan diidam-idamkan para siswa. Meskipun kita mengetahui bahwa guru juga manusia yang mempunyai keterbatasan, tetapi alangkah baiknya jika semua guru memiliki kriteria tersebut. Dari guru yang berkualitas akan menghasilkan anak didik yang berkualitas pula. Semoga bermanfaat, sobat!

Tags: