Manfaat Es Batu Untuk Wajah

Hai teman-teman! Apa kabar, semoga slalu diberi kesehatan. Nah, disini mau mengulik masalah Es batu. Tentunya kalian pasti pernah membeli dan mengonsumsi es batu kan. Es batu biasanya digunakan untuk minuman dingin dan ternyata es batu bisa juga buat kecantikan loh. Kulit wajah termasuk bagian tubuh yang sering di rawat dan banyak menimbulkan masalah kulit. Seperti berjerawat, pori-pori membesar, kulit berminyak, dan lain sebagainya. Pembuatan es batu juga sangat mudah, dengan menaruh air di tempat es lalu dimasukan kedalam freezer, yang membuat es tersebut membeku. Yuk simak pembahasan es batu dibawah.

Asal Muasal Es Batu
John Gorrie fisikawan dan humanitarian Amerika yang membuat kulkas dengan perlengkapan pendingin udara pada tahun 1844. Gorrie bisa dianggap sebagai pembuat es batu, namun es batu buatannya bukan untuk minuman dingin. Tetapi es tersebut digunakan untuk pendingin. Es batu masuk ke Indonesia pada tahun 1846. Es batu hadir di Indonesia dengan dibawa oleh kapa yang bertolak dari Boston, Amerika Serikat. Pada tanggal 17 November kapal yang bermuatan es batu tersebut sampai di pelabuhan Batavia. Es batu tersebut pesanan dari Roselie en Co.

Manfaat Es Batu Untuk Wajah
Beberapa manfaat es batu untuk wajah agar terlihat cantik dan sehat:

  1. Mengatasi jerawat.
    Jerawat muncul karena penyumbatan pori-pori oleh minyak, bakteri, dan polusi atau debu. Dengan mengompres es batu di bagian yang berjerawat bisa meredakan rasa sakit dan bengkak. Lebih baik es batu dibuat dari air besih atau air matang.
  2. Mengecilkan pori kulit.
    Sensasi dingin pada es batu dapat mengecilkan pori-pori pada kulit. Pori-pori yang membesar dapat menjadi sumber benjcana loh. Jika pori-pori membesar pasti partikel dari laur akan lebih mudah masuk ke dalam. Salah satu sumber jerawat adalah debu dan udara kotor bisa masuk dengan mudah.
  3. Mengatasi mata panda.
    Mata panda sangat menggangu penampilan. Mata panda muncul karena kurang tidur, stress dan kelelahan. Tapi tenang, es batu bisa membantu mengatasinya. Warna menghitam dan kantong mata yang muncul itu tandanya kulitmu sedang mengalami stres. Ternyata, tiap-tiap organ tubugmu itu bisa mengalami stres, saat kamu banyak pikiran. Lagi-lagi sensasi dingin pada es batu bisa merelaksasikan area sekitar.
  4. Mengurangi kadar minyak pada kulit.
    Dengan rajin mengompres wajah dengan es batu bisa menjaga kelembapan kulit. Dan bisa menjaga kulit wajah menjadi segar, rileks, dan bersih. Bisa juga dicampurkan dengan bahan lain seperti mentimun atau teh basi. Tentunya khasiat yang di dapatkan lebih maksimal.
  5. Mencegah penuaan dini.
    Tanda penuaan dini yang paling menakutkan adalah munculnya bintik hitam, kerutan, dan kulit menjadi kusam. Penuaan kulit bisa terjadi di usia muda loh. Maka pintar-pintar merawat kulit yah. Dengan mengompres wajah dengan es batu bisa mengecilkan pori-pori, agar terlihat mulus dan kencang.
  6. Membuat riasan tahan lama.
    Bagaimana es batu bisa membuat riasan tahan lama? Dengan mengompres wajah dengan es batu akan membuat pori-pori di wajah mengecil, ini akan mudah di rias dan lebih tahan lama. Ketika pori-pori membesar, produksi minyak yang keluar dapat merusak dan melunturkan riasan. Apabila ingin mendapatkan riasan yang tahan lam kompres wajah terlebih dahulu dengan es batu. Dan biarkan suhu kulit menghangat, barulah diberi alas bedak.
  7. Pelembab alami untuk bibir
    Penyebab bibir kering dan terlihat pecah-pecah adalah kurangnya mengkonsumsi air putih. Untuk mendapatkan bibir yang cantik kamu dapat mengompres bibir dengan es batu secara rutin. Ini bisa dilakukan setiap akan tidur , atau pagi hari sebelum dandan. By: Firdha Ardhila Damayanti_PGMI

Tags: