Makar

Akhir-akhir ini banyak sekali muncul kata makar pada setiap topik dalam sebuah berita. Rasanya setiap acara berita pasti membicarakan tentang makar. Siapa yang makar dan mengapa ada dugaan bahwa dia melakukan makar. Apa sebenarnya makna dari kata makar itu?. Banyak di kalangan oram awam belum mengetahui apa sebenarnya kata makar itu, seperti apa tindakannya, dan bagaimana menyikapinya. Jika memang belum mengetahui makar itu apa maka kita sebaiknya segera mencari tau dan setidak nya tidak usah mengikuti perbuatan itu agar tidak membuat keadaan semakin kacau. Ya, setiap tindakan makar pasti akan menimbulkan suatu kekacaun dalam negara

Mari kita bahas lebih lanjut apa sebernarnya makar itu. “Menilik dari asal-usul kata aslinya, ‘makar’ berasal dari bahasa Arab, yaitu makron, masdar, yang berarti menipu, memerdaya, membujuk, mengkhianati, mengelabui, perbuatan makar,” Menurut KBBI secara umum makar adalah perbuatan/usahan untuk menjatuhkan pemerintahan yang sah. Arti lebih jelas lagi makar adalah perbuatan/usaha membuat pemerintahan tidak dapat menjalankan fungsi dan tugasnya menurut undang-undang. Makar adalah tindakan melanggar hukum. Setiap orang atau kelompok yang makar maka akan di kenahu hukuman. Menurut  UU (KUHP) : buku I pasal 87: penyerangan (makar) akan suatau perbuatan berwujud kalua sudah nyata maksud si pembuat dengan adanya permulaan melakukan perbuatan itu menurut maksud pasal 53 (KUHP), yakni adanya niat dan sudah di laksanakan, serta terhenti bukan kehendak dari dirinya sendiri. Hukumannya di kurangi sepertiga dari ancaman maksimal hukuman.

Banyak kasus-kasus makar yang terjadi di Indonesia. Contohnya kasus yang terjadi saat Bung Karno masih menjabat menjadi presiden pernah terjadi kasus makar oleh Daniel maukar. Dia adalah seorang pilot hebat Indonesia dengan mengendarai pesawat tempur seorang diri Daniel manukar melakukan serangan yang mematikanke istana negara. Beruntuk saat itu Presiden Soekarno tidak berada dalam istana sehingga nyawanya selamat. Akibat serangan itu Daniel maukar di adili atas tindakan makar terhadap negara dan presiden. Dia di jatuhi hukuman mati walaupun pada akhirnya di ampuni dan hanya menjalani sekitar 8 tahun masa tahanan. Kasus makar selanjutnya sekelompok orang dari aceh yang menamai organisasi itu dengan sebutan GAM (Gserakan Aceh Merdeka).

Baca Juga :  Fenomena Budaya Pop Korea

Semua orang paham kalua organisasi ini melakukan banyak serangan di Aceh. Mereka ingin merdeka dan lepas dari NKRI. Mereka melakukan aksi pemberontakan selama bertahun-tahun. GAM juga kerap mengibarkan bendera mereka dan melawan petugas TNI yang sedang menjalankan penjagaan. Hampir sama dengan GAM, RMS atau Republik Maluku Selatan dan juga OPM atau Organisasi Papua Merdeka juga dianggap sebagai organisasi yang melakukan tindakan makar dan melawan kedaulatan NKRI. Terakhir, PKI yang dipercaya melakukan penyerangan dan membuat Indonesia jadi mencekam juga ditetapkan pemerintah sebagai tindakan makar yang besar dan terorganisir dengan baik.

Demikian sedikit pengertian arti kata makar dan beberapa contoh kasus yang pernah terjadi di negara Indonesia sejak masa jabatan presiden Soekarno. By : Miftachul Muflichatin

Tags: