Kuliah Sambil Berorganisasi

Manusia sebagai makhluk sosial tentu saja melakukan interaksi dengan manusia yang lain. Hal ini sudah menjadi kebutuhan dasar manusia, yaitu membutuhkan manusia yang lain. Interaksi antar manusia biasa disebut dengan interaksi sosial, dimana interaksi ini dapat terjadi karena adanya salah satu faktor, yaitu rasa saling membutuhkan antar manusia. Dimana kebutuhan-kebutuhan ini dilatar belakangi dengan adanya pikiran, perasaan antar individu, maupun nafsu. Dengan adanya rasa antar individu, dapat terjalin komunikasi atau kontak sosial dengan baik, namun apabila ada ketidaksesuaian dalam komunikasi, maka akan menimbulkan adanya konflik dalam interaksi sosial.

Untuk mengurangi kemungkinan timbulnya suatu konflik, seorang individu harus mampu membangun komunikasi dengan baik, bekerja sama dengan baik, dan memiliki kemampuan penyelesaian masalah yang baik. Dimana kemampuankemampuan itu, bisa didapat melalului sebuah proses pembiasaan, yakni belajar dari pengalaman, salah satunya pengalaman dalam kehidupan berorganisasi.

Pengertian organisasi adalah sebuah wadah atau tempat untuk berkumpul, mengemukakan pendapat, bekerja sama secara sistematis, terpimpin, efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Dalam berorganisasi., kita akan dilatih dalam menyelesaikan suatu permasalahan, juga memanfaatkan sumberdaya yang ada untuk mencaai suatu tujuan dengan efektif dan efisien.

Kita sebagai makhluk sosial, yang saat ini berstatus sebagai mahasiswa pun sudah harus terbiasa dengan adanya konflik sosial, serta penyelesaiannya. Sebab setelah lulus, akan langsung terjun di tengah-tengah masyarakat dimana nantinya, yang akan benar-benar kita butuhkan adalah sebuah pengalaman.Pengalaman mengenai pendekatan ke masyarakat, kebutuhan dasar yang mereka, dan masalah sosial yang biasa mereka hadapi. Disinilah pengalaman benar-benar dibutuhkan, guna membuat suatu perubahan positif ditengah-tengah masyarakat.

Akibat yang mungkin terjadi apabila kurang dari segi pengalaman, salah satumya yaitu memberikan solusi yang tidah tepat terhadap permasalahan yang terjadi atau kurangnya pemahaman terhadap masalah yang dihadapi. Begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari proses berorganisasi, sebagai mahasiswa tidak hanya kemamuan intelektual yang kita butuhkan, tetapi kemampuan bersosial pun harus kita miliki. Mahasiswa harus bisa bergaul dengan baik di dalam kampus, karena dengan pergaulan kita yang lebih luas akan membantu kita dalam menambah wawasan, menambah ilmu-ilmu baru yang tidak kita dapatkan di dalam kelas.

Dalam organisasi, hal yang paling sering kita dapatkan yaitu latihan untuk berbicara di depan banyak orang (public speaking), kita akan sering belajar untuk mengemukakan pendapat, menyampaikan apa yang kita pikirkan, kita juga belajar mendengarkan dan menerima kritik orang lain dengan lapang dada, kita belajar untuk berdiskusi secara sehat, belajar bekerja sama, dan berkomunikasi dengan baik. Maka mahasiswa yang telah bergabung dalam organisasi, perlahan-lahan akan terbiasa dengan berbicara dan menyampaikan pendapat di depan banyak orang.

Dalam organisasi, kita akan bertemu dan berkumpul dengan banyak orang, berkumpul, berdiskusi, dan mengakaji banyak hal melalui berbagai sudut pandang, sehingga pola berpikir kita akan terbentuk dengan lebih baik, kita akan belajar untuk berpikiran lebih terbuka dalam menghadapihal-hal baru disekitar kita.

Jika di dalam kelas kita mempelajari teori-teori, maka dalam organisasi kita akan mempraktikkan teori-teori itu. Dalam berorganisasi kita akan banyak berlatih untuk mengatur atau memanajemen waktu dengan baik, mahasiswa harus menentukan mana yang diprioritaskan, meskipun aktif dalam organisasi, proses perkuliahan tetaplah menjadi hal utama yang harus dilaksanakan dengan baik oleh para mahasiswa.

Dalam dunia kerjapun pengalaman berorganisasi termasuk dalam list interview yang pasti akan ditamyakan. Sebab bekerjapun prinsipnya tidak jauh beda dengan berorganisasi, selain kemampuan dan penguasaan terhadap pekerjaan yang ditawarkan, kemamuan komunikasi yang baik, dan teamwork juga sangat diperlukan. Sebab dengan kerjasama dan komunikasi yang baik, maka suatu tujuan perusahaan akan lebih mudah untu dicapai.

Jika selama menempuh proses perkuliahan kita hanya kuliah lalu pulang, kita akan kurang dalam mendapatkan pengalaman-pengalaman baru, pergaulan kita di dalam kampus akan terbatas, dan kita kurang bisa berpikiran secara terbuka terhadap suatu hal, kita cenderung akan melihat hanya dari satu sisi saja dalam sebuah permasalahan. Mental kita juga kurang kuat dalam mengahadapi suatu tekanan.

Jadi, berorganisasi merupakan pilihan yang terbaik untuk kita, dengan berkecimpung dalam suatu organisasi, kita akan mendapatkan banyak pengalamanpengalaman. Ketika memutuskan untuk berorganisasi, kita juga harus mengetahui terlebih dahulu tentang visi dan misi organisasi tersebut, lalu sesuaikan dengan waktu luang yang kita miliki, lalu setelah bergabung, tuntaskan hak dan kewajiban kita dalam berproses di dalamnya.

Jika dirasa organisasi itu kurang memberikan manfaat untuk diri kita, maka kita bisa putuskan untuk mengundurkan diri dari organisasi tersebut. Demikian yang dapat penulis sampaikan, semoga bermanfaat dan semangat berproses dalam organisasimu. By : Dwi Nur Arifah

Tags: