Cara Manajemen Waktu Yang Baik

Hai sobat, bagaimana kabarnya? Pastinya baik yaa. Pembahasan kita kali ini adalah tentang bagaimana cara memanajemen waktu dengan baik. Saat ini, banyak orang yang menghabiskan waktu hidupnya dengan tidak memperhatikan waktu dengan baik sehingga dapat menghambat mereka untuk mengeksplor semua potensi yang dimilikinya. Banyak dari mereka yang merasa tidak cukup dengan waktu yang ia miliki karena sering menunda pekerjaan. Padahal kita semua mendapatkan jumlah waktu yang sama dalam sehari yaitu 24 jam. Hal ini tentu berkaitan dengan bagaimana cara kita mengatur waktu. Nah, dari sedikit penjelasan diatas, bagaimana cara menyusun manajemen waktu? Dan apa yang kita lakukan agar terhindar dari sifat procrastinator? Yuk, kita simak penjelasan.

Pengertian Manajemen Waktu
Manajemen waktu (Time Management) pada umumnya adalah suatu perencanaan, menggerakkan, mengorganisir, dan pengawasan terhadap produktivitas waktu. Waktu merupakan hal yang harus dikelola dengan baik agar apa yang sudah direncanakan individu atau organisasi bisa tercapai secara efektif dan efisien.

Pengertian manajemen waktu juga dapat diartikan sebagai suatu metode atau cara untuk mengatur, memanfaatkan dan menyeimbangkan setiap bagian-bagian waktu dalam mengerjakan aktivitas yang sudah direncanakan dan harus terselesaikan tepat pada jangka waktu yang sudah ditetapkan. Jika kita dapat menyeimbangkan waktu, maka kehidupan kita akan teratur, produktifitas meningkat, konsentrasi akan jadi lebih baik dan yang paling penting tingkat stress akan berkurang.

Tanpa sadar, kita semua sudah melakukan beberapa keputusan terkait manajemen waktu. Misalnya, kita semua dapat menentukan kapan kita akan pergi ke kampus, belajar di rumah, beribadah, bersantai, berbelanja, berolahraga, berdiskusi dengan teman, dan sebagainya. Semua hal yang kita lakukan sehari-hari ini sudah termasuk dalam penyusunan strategi manajemen waktu yang kita buat. Kita harus bisa mengetahui kegiatan mana yang harus didahulukan agar semua kegiatan dapat terlaksana dengan maksimal dan akan membuat hidup kita lebih mudah dan merasa bahagia.

Pentingnya Manajemen Waktu

Mengatur waktu secara efektif bukanlah pekerjaan yang mudah apalagi harus dijalankan secara konsisten dan menaatinya. Sebagai mahasiswa dan pemuda, tentunya kita memiliki banyak kegiatan dan tantangan baru serta peranan maupun tanggung jawab yang harus dilaksanakan. Semua tuntutan kegiatan akan bersaing merebut waktu kita. Dari masa remaja yang masih menduduki sekolah menengah hingga masa muda yang kini mulai merintis ke perguruan tinggi maupun bisnis akan membuat perubahan besar dari manajemen waktu yang kita buat. Perubahan-perubahan yang terjadi adalah sebagai berikut:

  1. Peran dan tanggung jawab untuk belajar mandiri yang meningkat
  2. Berbagai aktivitas baru yang harus dijalankan. Misalnya, diskusi dengan kelompok belajar baru, mengikuti kegiatan kemahasiswaan di dalam maupun di luar kampus
  3. Tempat tinggal dan lingkungan yang baru
  4. Harus pandai mengambil keputusan tanpa campur tangan orang lain
  5. Mengatur pengeluaran kebutuhan sehari-hari, misalnya berbelanja, mencuci, memasak, membayar tagihan-tagihan rutin, dan sebagainya.
    Bagaimana Cara Menyusun Manajemen Waktu?

Kunci agar berhasil menata waktu dengan optimal adalah perencanaan (planning). Kita dapat menyisihkan waktu sejenak untuk menyusun daftar kegiatan-kegiatan yang akan dijalankan esok hari, lusa, minggu depan maupun bulan depan, ini merupakan hal awal dan yang paling kritis untuk mengontrol waktu hidup kita agar tersistematis. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan dalam menyusun atau menata manajemen waktu:

  1. Buatlah buku agenda khusus atau kalender, baik elektronik atau manual
  2. Tandai atau tulis semua tanggal, hari, dan waktu yang berkaitan dengan kegiatan akademik anda. Misalnya, tanggal untuk mengumpulkan tugas kelas, tanggal perwalian akademik dengan dosen wali, tanggal ujian tengah semester maupun ujian akhir semester, dan seterusnya.
  3. Selanjutnya, tulis tanggal, hari, dan waktu yang berkaitan dengan kegiatan non-akademik, sosial maupun pribadi. Misalnya kegiatan-kegiatan organisasi, kapan harus bayar tagihan listrik dan seterusnya.
  4. Susun dan dahulukan kegiatan yang paling utama, sehingga tersusun jadwal rutin mingguan. Pastikan jadwal yang sudah tersusun diatas seimbang.
  5. Patuhi semua jadwal rutin yang telah anda buat

Menghindari Sifat Procrastinator

Procrastinator adalah orang yang suka menunda untuk melakukan suatu pekerjaan hingga menjelang hari atau menit akhir batas waktu yang ditentukan. Tindakan menunda pekerjaan menjelang deadline ini disebut procrastinator. Hal ini akan menjadi buruk jika dibiarkan begitu saja. Bahkan dapat menjadi budaya saat sudah bekerja atau mengemban profesi yang dapat mengakibatkan kinerja akan terlaksana tidak optimal, pikiran menjadi stress yang dapat berdampak buruk terhadap kesehatan fisik hingga kegagalan. Beberapa petunjuk dibawah ini mungkin bisa anda lakukan agar terhindar dari sifat procrastinator:

  1. Biasakan belajar atau bekerja sesuai dengan agenda. Dengan ini, anda dapat mengetahui bahwa menunda suatu pekerjaan tidak akan membantu anda sama sekali.
  2. Disiplin waktu. Susunlah pekerjaan atau tugas sesuai dengan jangka waktu yang harus ditempuh dan pikirkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas tersebut.
  3. Jauhi hal-hal yang dapat mengganggu kosentrasi belajar atau kerja anda. Misalnya, memutar musik, memainkan handphone, koneksi internet dan sejenisnya.
  4. Modifikasi cara belajar agar mengurangi rasa bosan. Misal diselingi dengan membaca komik, surat kabar atau yang lainnya. Tetapi jangan sampai terlena dengan tugas utamanya.
    Itulah tadi sedikit pembahasan mengenai cara manajemen waktu dengan baik dan cara yang dapat dilakukan agar terhindar dari sifat procrastinator. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih.

Tags: