Manfaat Madu Bagi Kesehatan

Pembahsan :

  1. Asal Mula Madu

Madu adalah cairan yang menyerupai sirup, madu lebih kental dan berasa manis, dihasilkan oleh lebah dan serangga lainnya dari nektar bunga. Jika Tawon madu sudah berada dalam sarang nektar dikeluarkan dari kantung madu yang terdapat pada abdomen dan dikunyah dikerjakan bersama tawon lain, jika nektar sudah halus ditempatkan pada sel, jika sel sudah penuh akan ditutup dan terjadi fermentasi. Rasa manis madu disebapkan .oleh unsur monosakarida fruktosa dan glukosa, dan memiliki rasa manis yang hampir sama dengan gula.

Madu memiliki ciri-ciri kimia yang menarik, dioleskan jika dipakai untuk pemanggangan. Madu memiliki rasa yang berbeda daripada gula dan pemanis lainnya. Kebanyakan mikroorganisme tidak bisa berkembang di dalam madu karena rendahnya aktivitas air yang hanya 0.6. Sejarah penggunaan madu oleh manusia sudah cukup panjang. Dari dulu manusia menggunakan madu untuk makanan dan minuman sebagai pemanis atau perasa. Aroma madu bergantung pada sumber nektar yang diambil lebah.

B. Kandungan Madu

Madu adalah campuran dari gula dan senyawa lainnya. Sehubungan dengan karbohidrat, madu terutama fruktosa (sekitar 38,5%) dan glukosa (sekitar 31,0%), sehingga mirip dengan sirup gula sintetis diproduksi terbalik, yang sekitar 48% fruktosa, glukosa 47%, dan sukrosa 5%. Karbohidrat madu yang tersisa termasuk maltosa, sukrosa, dan karbohidrat kompleks lainnya. Seperti semua pemanis bergizi yang lain, madu sebagian besar mengandung gula dan hanya mengandung sedikit jumlah vitamin atau mineral. Madu juga mengandung sejumlah kecil dari beberapa senyawa dianggap berfungsi sebagai antioksidan, termasuk chrysin, pinobanksin, vitamin C, katalase, dan pinocembrin. Komposisi spesifik dari sejumlah madu tergantung pada bunga yang tersedia untuk lebah yang menghasilkan madu.

Analisa madu secara umum:

Fruktosa: 38.2%

Glukosa: 31.3%

Maltosa: 7.1%

Sukrosa: 1.3%

Air: 17.2%

Gula paling tinggi: 1.5%

Abu (analisis kimia):0.2%

Lain-lain: 3.2%

C. Proses Terbentuknya Madu

Lebah mengubah sakarida menjadi madu dengan proses mengunyah berkali kali sampai setengah tercerna. Proses ini tidak dilakukan sekaligus. Setelah dikunyah, sakarida masih dalam bentuk cair dan masin mengandun banyak air, maka proses selanjutnya adalah penguapan sebanyak mungkin air dan transformasi dengan enzim. Lebah membuat madu sebagai sumber makanan. Pada musim dingin atau saat makanan langka, lebah mengambil cadangan madu sebagai sumber energi. Secara umum ada tiga jenis tipe lebah dalam satu sarang:Seekor ratu

Beberapa lebah jantan (untuk membuahi calon ratu baru)

Ribuan lebah betina pekerja.

D. Khasiat dan Manfaat Madu Untuk Kesehatan

Madu pada umumnya memiliki rasa manis, nilai gizinya tinggi dan sangat berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit. setiap orang dapat mengkomsumsi madu, baik anak-anak, orang dewasa maupun manula. khasiatnya yang tinggi, banyak bahan makanan dan minuman yang dicampur dengan madu untuk meningkatkan khasiat makanan dan minuman tersebut. (2) manfaat madu juga terbukti dengan tidak saja terbatas untuk bahan pangan, akan tetapi digunakan untuk yang lain, seperti obat tradisional maupun modern, untuk kecantikan, perawatan, kesehatan dan lainnya.

Adapun jenis-jenis madu :

  • Madu Kapuk
  • Madu Apel
  • Madu Rambutan
  • Madu Lengkeng
  • Madu Mahoni
  • Madu Mangga
  • Madu Mentimun
  • Madu Stroberi
  • Madu Sengon
  • Madu Beringin
  • Madu Meranti
  • Madu Bunga Coklat
  • Madu Bunga Bakau(Mangrove)
  • Madu Pahit

Lantas bagaimana manfaat madu untuk kesehatan :

a. Manfaat madu untuk kesehatan kulit wajah :

 Madu tak hanya dikenal sebagai pemanis alami, madu juga memiliki manfaat lain yang dapat digunakan untuk kesehatan kulit khususnya kulit wajah. Madu dipercaya dapat digunakan untuk penghilang jerawat, namun perlu ditambahkan dengan beberapa bahan lain seperti jeruk nipis. Madu pun dapat dimanfaatkan untuk mengecilkan pori-pori wajah dan menghaluskan kulit wajah.

b. Madu sebagai penghilang batuk :

Manfaat madu sebagai penghilang batuk tak hanya isapan jempol belaka yang tiada buktinya, namun manfaat ini dibuktikan dengan jurnal pula. Jurnal itu telah dirilis pada tahun 2007 dengan sampel anak-anak sebanyak 270 orang. Hasil dari penelitian yaitu dengan meminum satu sendok madu sebelum mereka tidur intensitas batuk yang terjadi mengalami penurunan.

c. Madu sebagai peningkat kekebalan tubuh :

 Di dalam madu ada aneka nutrisi yang begitu kompleks mulai dari vitamin hingga aneka mineral yang dibutuhkan tubuh. Tak heran bila kini banyak para orang tua yang mempercayai madu untuk diberikan kepada anak-anak mereka. Alasan para orang tua memberikan madu yaitu untuk menjaga kesehatan sang anak terutama untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan stamina.

d. Madu sebagai pembunuh bakteri :

Di dalam madu ada suatu zat yang memiliki fungsi memperlambat laju bakteri bahkan mematikan bakteri tersebut sehingga tubuh terhindarkan penyakit. Telah dibuktikan pada suatu studi bila madu efektif membasmi bakteri dalam tubuh seperti E. Coli, Salmonella dan bakteri lain sejenisnya. Maka dari itu, khasiat dari madu tak perlu diragukan lagi.

e. Madu sebagai penghilang jerawat :

Sifat antibakterimadu  membantu mengatasi infeksi pada luka sedangkan aksi anti inflamasinya dapat mengurangi nyeri yang berpengaruh pada proses penyembuhan.

Penutup :

Dari artikel seputar manfaat madu diatas pada umumnya memiliki rasa manis, nilai gizinya tinggi dan sangat berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit. setiap orang dapat mengkomsumsi madu, baik anak-anak, orang dewasa maupun manula. khasiatnya yang tinggi, banyak bahan makanan dan minuman yang dicampur dengan madu untuk meningkatkan khasiat makanan dan minuman tersebut.dalam artikel ini, anda akan menemukan banyak sekali pengetauhan seputar madu dari asal madu, kandungan madu, proses terbentuknya madu, khasiat dan manfaat madu bagi kesehatan dan kecantikkan, secara detail.

DAFTAR PUSTAKA

Erywiyanto,S Djoko-Analisis,2012-digilib.poltekesdepkes-sby.ac.id

Wineri,R Rasyid,Y Alioes-Jurnal Kesehatan Andalas,2014-jurnal.fk.unand.ac.id

Susanto-2007-books.google.com

Widowati-E-Journal Widya Kesehatan Dan,2013-e journal.jurwidyakop3.com

FM Sakri-2012-books.google.com

Adji Suranto-2004-books.google.com

Susanto-2007-books.google.com

Widowati-E-Journal Widya Kesehatan Dan 2013-e-Journal.Jurwidyakpp3.com

Legowo-Jurnal Majonity,2015-juke.kedokteran.Unila.ac.id

By Ramadha Anis Sagita

Tags: