Pengaruh Pendidikan Agama Islam Terhadap Akhlak 

  • Whatsapp
Undangan Digital
Pendahuluan

Dalam era globalisasi, kemajuan industri merupakan salah satu dampak dari modernisasi, yang mana telah menuntut masyarakat untuk memiliki kemampuan dan kemajuan dalam spesialisasi secara tajam. Tuntutan tersebut berdampak pada pola hidup masyarakat yang menyebabkan hilangnya makna hidup yang sebenarnya dengan mengabaikan nilai-nilai kemanusiaan dan nilai-nilai ketuhanan dalam kehidupan. Dalam mengantisipasi dampak negatif dari kemajuan iptek dan lajunya arus modernisasi yang sangat cepat, manusia harus menyadari dan membatasi diri dalam kemampuan dasar yang dimiliki oleh setiap individu. Dalam dunia pendidikan kemampuan tersebut dapat diupayakan melalui program pendidikan umum (Wayuddin, 2009).

Program Pendidikan Umum merupakan pendidikan yang sangat mengutamakan perluasan pengetahuan teknologi dan meningkatkan keterampilan peserta didik dengan tujuan untuk mewujudkan tingkat pendidikan yang lebih tinggi dan cenderung mengabaikan nilai-nilai kemanusiaan (Ii, 2003). Pemahaman yang seperti ini sangat berpengaruh pada sistem pendidikan yang akan dikembangkan seperti pemilahan pengetahuan dan pembedaan kurikulum yang dapat menyebabkan belajar siswa menjadi pecah. Dalam menghindari dampak negatif tersebut, maka dalam setiap kurikulum program studi maupun jenjang pendidikan yang ada dalam bentuk program pendidikan yang di beri nama Pendidikan Umum didalamnya harus terdapat program studi Pendidikan Agama Islam (Wayuddin, 2009).

Bacaan Lainnya

Pendidikan Agama Islam adalah salah satu bimbingan yang dilakukan untuk pertumbuhan rohani dan jasmani menurut ajaran agama islam dengan cara mengarahkan, mengajarkan, melatih, mengasuh, serta mengawasi berlakunya semua ajaran agama islam. Adapun yang menjadi titikberatkan dalam segi pembentukan akhlak anak, adapun yang menuntut pendidikan teori dan praktek, sebagian lagi menghendaki terwujudnya kepribadian muslim dan lain-lain. Perbedaan tersebut diakibatkan yang pentingnya dari masing-masing ahli tersebut dapat diambil kesimpulan, adanya titik persamaan yang secara ringkas dapat dikemukakan sebagai berikut: Pendidikan Agama Islam ialah bimbingan yang dilakukan oleh seorang dewasa kepada terdidik dalam masa pertumbuhan agar ia memiliki kepribadian (Uhbiyat, 2005).

Akhlak adalah sifat yang tertanam dalam jiwa manusia yang mendorong perbuatan-perbuatan spontan tanpa berpikir untuk melakukannya (Aryanti, 1907). Artinya bahwa perbuatan itu dilakukan dengan refleks dan spontan tanpa dipikirkan terlebih dahulu.Dengan demikian pendidikan agama islam mau tidak mau harus mengalami perkembangan dan perubahan-perubahan dalam bidang-bidang lainnya. Dengan cara demikian, eksistensi dan peran pendidikan agama islam dapat menolong siswa agar eksis secara fungsional di tengah-tengah lingkungan sekolah dan masyarakat akan dapat dilakukan. Yang terpenting adalah marilah kita sekarang menyelami tujuan pendidikan agama islam dan sebagai dasar dalam menunaikan tugas dimasa mendatang.

Baca Juga :  Pengertian Metode Penelitian?
Metode Penelitian                                                       

Pos terkait