Cara memasang widget di blogger

Widget atau di blogger.com disebut Gadget merupakan sebuah konten di dalam blog selain artikel pada sebuah blog. Widget ini biasanya berada di bagian sidebar blog.

Widget di dalam blog bisa dipasang, dicopot, dan juga dipindah-pindah sesuai keingingan. Selain itu widget ini sifatnya opsional, tidak harus dipasang di blog. Jadi sobat bisa membuat blog tanpa memasang widget sama sekali.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk memasang widget atau gadget di blogger:

#1. Pertama pastinya login dulu ke “Blogger

#2. Setelah login, masuk ke menu “Tata Letak

#3. Nah di sini sobat bisa menambah widget dengan mengklik “Tambahkan Gadget

Mitrakuliah.comm  

#4. Di blogger.com sudah disediakan beberapa gadget yang siap untuk dipasang. Tentunya sobat tidak wajib untuk memasang semuanya. Cukup pilih widget yang benar-benar dibutuhkan.

Widget apa saja yang perlu dipasang?

Kebanyakan blogger pemula biasanya terlalu berlebihan dalam mamasang widget di blogger. banyak yang menganggap kalau semakin banyak widget yang terpasang di blog maka blognya akan semakin keren. Padahal kenyataan sebenarnya adalah sebalikanya.

Semakin sedikit widget yang terpasang di blog maka akan semakin bagus. Alasannya karena jika memasang terlalu banyak widget akan membuat bingung pengunjung, selain itu juga akan membuat loading blog semakin lama.

Berikut ini adalah beberapa widget rekomendasi yang sebaiknya dipasang di blog:

  • Widget Entri Populer
  • Widget Label
  • Widget Arsip
  • Widget Profil

Selain widget-widget tersebut, ada satu lagi widget yang cukup sering digunakan di blogger, yaitu widget HTML/JavaScript.

Fungsi widget ini untuk menambahkan widget menggunakan kode HTML dan juga JavaScript. Umumnya digunakan untuk memasang widget pihak ketiga (widget bukan dari blogger.com) dan juga untuk memasang banner iklan.

Baca Juga :  Keistimewaan Khasiat Mandi Sebelum Shubuh
Tags: