Cara membuat link/daftar isi dalam satu halaman tertentu di blog


Cara Membuat Link ke Bagian Tertentu dalam Satu Halaman
 – Jika anda sering membaca sebuah artikel di internet, pasti anda pernah melihat sebuah link yang mana jika anda klik link tersebut maka anda akan menuju ke bagian tertentu dalam satu artikel tersebut. Link tersebut biasanya ada dalam suatu artikel yang sangat panjang dan terdiri dari beberapa sub judul. Hal itu bertujuan untuk memudahkan pembaca agar tidak perlu scroll ke bawah hanya untuk mencari bagian yang anda cari.

Nah, itulah tadi yang di namakan Jump Link ketika anda klik link di atas anda akan langsung di arahkan ke suatu bagian dari artikel ini. Bagaimanakah cara membuatnya? Caranya cukup mudah, untuk lebih jelasnya mari kita ikuti langkah – langkah berikut.

STEP 1

Tentukan bagian paragraf, sub judul atau apapun yang anda inginkan untuk dijadikan target link. Lalu buatlah id=”nama-terserah”, anda dapat memberi nama terserah anda usahakan tanpa spasi. Karena spasi akan berubah menjadi “%20” di address bar.

Susunan nya akan seperti ini:

<div id=”nama-terserah”>
  //konten
</div>

STEP 2

Setelah tadi kita telah menentukan lokasi yang ingin di jadikan target, langkah selanjutnya adalah membuat link itu sendiri. Caranya sangat mudah seperti membuat sebuah link biasa namun yang digunakan adalah id target yang kita buat tadi.

Berikut cara membuatnya:

<a href=”#nama-terserah”>link teks</a>

Jika target itu berada pada halaman lain maka akan menjadi:

<a href=”nama-halaman.html#nama-terserah”>link teks</a> 

Baik, itulah tadi Cara Membuat Link ke Bagian Tertentu dalam Satu Halaman, tentunya teknik ini akan memudahkan pembaca jika anda mempunyai artikel yang sengat panjang dan terdiri dari poin – poin penting. Semoga artikel di atas bisa bermanfaat untuk anda.

Jika ada saran, kritik atau pertanyaan mengenai artikel di atas anda bisa gunakan kotak komentar di bawah.

Terimakasih atas kunjungan anda. Wassalam

Tags: