Cara menghitung jumlah karakter di excel

Cara menghitung jumlah karakter di excel, Baiklah pemirsa blog tentangwebsites, Kali ini akan saya bagikan mengenai rumus yang ada di Program Microsoft Excel, yaitu cara agar mudah bisa menghitung jumlah sebuah karakter pada lebar Excel.

Karakter yang akan kita hitung termasuk huruf, angka, spasi. Cara ini nantinya akan menggunakan sebuah rumus yang tidak terlalu rumit hanya perlu kamu ingat sintaks nya adalah =LEN(Teks). itu di ingat ya. langsung saja berikut adalah langkah-langkahnya;

Sebelumnya silahkan kamu sambil membuka sebuahembar Excel juga agar cepat paham dan dapat merasuk. perhatikan pada gambar berikut ini:


setelah kamu melihat gambar di atas, kedapatan sebuah teks pada cell B2 yaitu “Belajar Excel di Blog tentangwebsites” Lalu kita akan mengetahui berapa sih jumlah karakter tersebut? (termasuk huruf, angka dan spasi) kebetulan pada kata-kata tersbut tidak terdapat sebuah angka jadi silahkan hitung huruf dan spasinya. nah untuk mempermudah penghitungannya disini kita akan manfaatkan rumus LEN dimana terdapat dua cara sebagai berikut:

Rumus Pertama:

=LEN(B2)

Rumus Kedua:

=LEN(“Belajar Excel di Blog tentangwebsites”)


Jika kamu ingin menjumlah beberapa cell berbeda maka silahkan kamu menggunakan rumus sebagai berikut:

=LEN(B1)+LEN(B2)+LEN(B3) Atau
=SUM(LEN(B1);LEN(B2);LEN(B3))

Demikianlah tadi mengenai Cara menghitung jumlah karakter di excel secara mudah dan cepat menggunakan rumus LEN, semoga bermanfaat, salam.

Tags: