Cara Pasang Iklan Google AdSense di WordPress

Cara Mendapatkan Kode Iklan Google AdSense

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mendaftar untuk account Google AdSense (Cara daftar Google AdSense Terbaru). Jika Anda memiliki akun Gmail, maka Anda dapat menggunakan account Gmail tersebut, jika Anda sudah memiliki blog yang siap untuk Anda daftarkan ke Google AdSense dan sudah memiliki Gmail, silahkan daftar Google AdSense disini.

Setelah Anda mengirimkan formulir pendaftaran Anda, Anda akan menerima email dalam waktu 6 – 8 jam, Google akan memberitahu Anda apakah Anda telah melewati langkah pertama dari proses pemeriksaan. Jika Anda melewati proses pemeriksaan pertama ini, maka Anda dapat masuk ke akun AdSense Anda dan mendapatkan kode iklan Anda.

Mulailah dengan mengklik menu di sidebar kiri bernama “Ads” dan klik “Overview“, kemudian klik menu tab diatas “BY AD UNIT“. Anda akan melihat ada sekitar 5 jenis iklan AdSense ditampilkan. Dalam contoh ini saya akan memilih jenis iklan “Display Ads“.

Ini akan membawa Anda pada halaman untuk membuat unit iklan baru. Pada halaman ini, Anda dapat melihat langsung seperti apa jenis dan format iklan yang Anda pilih.

Pertama, tuliskan nama unit iklan Anda pada bagian paling atas. Buat nama sesuai keinginan Anda, nama iklan ini hanya bertujuan untuk membedakan jenis iklan apa yang Anda buat.

Konfigurasi berikutnya adalah memilih Display Ad, yaitu ada 3 bentuk iklan seperti Square, Horizontal dan Vertikal. Bentuk iklan ini bisa Anda lihat langsung pada tampilan dibawahnya.

Konfigurasi berikutnya adalah memilih Ad Size atau ukuran iklan. Google sangat menyarankan bagi Anda untuk memilih iklan “Responsive”, karena iklan ukuran ini bisa menyesuaikan ukuran sesuai dengan area iklan pada tema WordPress Anda, dan dapat berubah menyesuaikan perangkat pengunjung yang mengakses website Anda. Tentu saya sangat menyarankan Anda memilih ukuran responsive, tetapi jika Anda ingin mengatur ukuran iklan sendiri Anda tinggal klik menu drop down tersebut dan akan ada pilihan “Fixed” dan ada kolom untuk memasukkan ukuran iklan.

Setelah Anda selesai dengan konfigurasi iklan Anda, silahkan klik tombol “Create” dan Anda akan melihat kode iklan yang siap untuk Anda salin dan pasang ke situs blog Anda. Akan ada dua jenis kode iklan yaitu HTML dan AMP, silahkan copy kode di HTML saja, dan jika situs blog Anda mendukung AMP, maka bisa juga memasang kode iklan tersebut pada tema WordPress AMP.

Copy kode iklan Anda dan paste di Notepad karena Anda akan membutuhkannya di langkah berikutnya. Dan klik “Done” maka unit iklan baru sudah selesai dibuat. Anda dapat kapan saja mengedit iklan ini atau mencari kode iklan ini karena unit iklan akan disimpan dalam akun AdSense Anda.

Pasang Kode Google AdSense di WordPress

Anda perlu menentukan di mana Anda ingin menampilkan iklan pada website Anda. Paling sering iklan ditampilkan di sidebar. Anda dapat menambahkan iklan di sidebar dengan menggunakan widget WordPress.

Silahkan masuk login ke admin area WordPress Anda dan masuk ke menu Appearance » Widget. Berikutnya cari daftar widget dan pilih “Widget Text” atau “Widget HTML” drag & drop widget Text ke area widget di posisi yang tepat dan paste kode Google AdSense Anda di sana, jika area widget Anda banyak pilih widget bagian sidebar.

Diatas adalah cara termudah untuk memasang kode AdSense di WordPress, Anda bisa memasang kode iklan tersebut pada area iklan yang sudah disediakan oleh tema WordPress yang Anda gunakan. Namun, jika tema Anda tidak menawarkan area iklan yang sesuai keinginan Anda. Masih banyak plugin untuk memasang iklan AdSense pada area-area strategis seperti Ad Inserter, Adrotate, WP Quads dan masih banyak lagi.

Dan sekarang Anda sudah bisa melihat iklan AdSense Anda ditampilkan, biasanya iklan baru akan ditampilkan dalam beberapa menit, atau pastikan untuk menghapus cache pada browser terbaik yang Anda gunakan.

Pertanyaan yang sering diajukan berkaitan dengan Google AdSense :

Dibawah ini adalah beberapa pertanyaan tentang Google AdSense yang sangat sering ditanyakan oleh blogger yang baru saja diterima oleh AdSense.

Ukuran Iklan Terbaik Adsense?

Meskipun penempatan iklan adalah kuncinya, ukuran juga penting, Gunakan ukuran terbaik untuk adsense adalah 336 × 280 dan 300 × 260. Iklan ini cenderung untuk muat pada sebagian besar ukuran layar dan memiliki tingkat pembayaran yang tinggi juga, dan seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa Google sudah memiliki iklan berukuran responsive yang dapat menyesuaikan sesuai dengan perangkat pengguna mengakses website atau blog Anda, jadi gunakan size responsive. Selain itu juga Anda bisa mencoba untuk menggunakan iklan dengan type matched content yang berarti akan menampilkan iklan seperti related content.

Dimana penemapatan AdSense Terbaik?

Ini sepenuhnya tergantung pada tata letak situs Anda. Tujuannya adalah untuk mendapatkan lebih banyak klik, sehingga Anda ingin menempatkan iklan Anda di tempat yang lebih menonjol. Taruh iklan artikel posting di bagian atas karena cenderung mendapatkan klik terbanyak. Dan juga di sidebar atas. Dan ada beberapa yang menyarankan sebelum artikel, di tengah artikel atau dibawah artikel.

Bolehkah saya klik iklan saya sendiri?

Seringkali pemula tergoda untuk mengklik iklan mereka sendiri atau meminta anggota keluarga/teman mereka untuk mengklik iklan mereka. Dan jangan lakukan itu. Algoritma Google sangat cerdas dan tahu ketika Anda mengklik iklan Anda sendiri. Hal ini dapat membuat Anda di banned dari program ini.

Kenapa Iklan Google AdSense saya tidak muncul?

Iklan Google AdSense Anda tidak muncul mungkin dikarenakan masih dalam proses pemeriksaan tahap kedua, Jika Anda lolos tahap kedua maka otomatis iklan akan tampil dan jika tidak lolos pemeriksaan tahap kedua maka Anda akan mendapatkan email yang menjelaskan bahwa situs web atau blog Anda belum memenuhi syarat dan dalam email tersebut juga akan dijelaskan apa saja kekurangan situs Anda.

Apa itu Page RPM?

RPM singkatan dari Revenue per Mille berarti pendapatan per 1000 impresi. Hal ini ditentukan dengan mengalikan jumlah klik dan biaya per klik dan kemudian membaginya dengan jumlah pageviews.

Dan itulah artikel tentang cara pasang iklan AdSense di WordPress, saya berharap artikel ini bermanfaat buat anda. Dan membantu Anda dalam memasang iklan Google AdSense di blog kesayangan Anda, selamat mencoba dan sukses menghasilkan uang dari blog Anda dengan program iklan Google AdSense. 🙂

Tags: