Panduan Lengkap Cara Daftar Google AdSense

Panduan Lengkap Cara Daftar Google AdSense – Bagi orang yang ingin terjun ke dunia blogging lebih banyak motivasi mereka adalah karena ingin menghasilkan uang daripada hobby atau sekedar membagikan kisah pribadi mereka. Dan bagi kebanyakan pemula melihat cara menghasilkan uang dari blog adalah melalui program iklan milik google yaitu Google AdSense.

Tidak peduli apa motivasi Anda untuk blogging, memang AdSense juga sebagai pendorong awal saya untuk memulai blogging dan sampai saat ini saya juga masih menjalankan program AdSense di blog saya ini. Disini saya akan menjelaskan secara lengkap tentang bagaimana cara daftar Google AdSense dan akan saya jelaskan langkah demi langkah untuk memudahkan Anda.

Catatan : Dalam tutorial ini saya khusus untuk menjelaskan Google AdSense untuk blog saja, karena seperti yang kita tahu bahwa AdSense juga bisa dijalankan di aplikasi Play Store dan juga video YouTube.

Apa itu Google AdSense?

Google AdSense adalah program periklanan milik Google yang memungkinkan para blogger maupun YouTuber menghasilkan uang dengan memasang iklan dari AdSense pada website maupun video mereka dan mendapatkan uang ketika iklan di klik oleh pengunjung.

Iklan yang ditampilkan oleh Google AdSense bisa berupa text, gambar, video maupun bentuk animasi lainnya. Pengguna hanya perlu mencopy code dan memasang di situs blog mereka dan konten iklan akan ditampilkan secara relevan dengan niche situs blog.

Syarat Mendaftar Google AdSense

Sebelum Anda mendaftar untuk Google AdSense, Ada beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi seperti berikut :

  • Anda harus memiliki blog atau website.
  • Anda harus berusia di atas 18 tahun, atau jika usia Anda masih dibawah 18 tahun maka Anda bisa menggunakan data saudara atau orang tua Anda.
  • Anda harus memiliki email Google atau Gmail

Pertanyaan Anda mungkin kenapa Google AdSense menharuskan berusia diatas 18 tahun? Hal tersebut dikarenakan akan berhubungan dengan pembayaran dan keabsahan data Anda bisa dipertanggung jawabkan karena pada usia tersebutlah Anda mulai memiliki KTP atau SIM.

Cara Daftar Google AdSense

Ada tiga poin utama ketika mendaftar Google AdSense yaitu :

  • Daftar ke AdSense
  • Tambahkan iklan AdSense ke blog Anda
  • Tunggu akun Anda ditinjau dan mendapatkan kabar diterima atau ditolak

Proses pendaftaran AdSense memang sangat mudah, tapi untuk proses persetujuan bisa memakan waktu yang lumayan lama. Hal ini dilakukan oleh Google dengan alasan agar menjaga kualitas Google AdSense itu sendiri dan para pengiklan yang sudah membayar layanan AdSense.

Selain itu Google juga menerapkan persyaratan yang sangat ketat bagi para blogger dan memastikan apakah calon situs yang didaftarkan benar-benar berkualitas dan memenuhi persyaratan untuk menjalankan AdSense. Poin nomor 3 diataslah yang menjadikan banyak blogger gagal diterima lamarannya oleh Google AdSense.

Langkah-langkah untuk Membuat Akun AdSense:

Pertama, kunjungi situs Google AdSense disini untuk Daftar Google AdSense → https://www.google.com/adsense/start/.

Setelah itu, silahkan klik tombol “Sign Up” untuk melakukan pendaftaran AdSense.

Anda akan diharuskan untuk membuat akun Google baru atau email (Gmail), atau Anda dapat menggunakan akun Google yang sudah ada jika Anda memilikinnya.

Selanjutnya Anda diharuskan untuk membuat akun AdSense untuk website Anda dengan memasukkan alamat situs Anda. Untuk URL situs web gunakan alamat blog Anda, dan pastikan untuk menambahkannya tanpa “http://”.

Selanjutnya ada pilihan untuk mengaktifkan informasi saran dari AdSense “Get out more of AdSense”, biasanya informasi ini berisikan tentang saran dari AdSense untuk mengoptimalkan iklan Anda sehingga mendapatkan hasil yang baik dan informasi akan dikirimkan melalui email atau notifikasi pada akun AdSense Anda.

Jika Anda setuju maka pilih “Yes, send me customized help and performance suggestions” atau “No, don’t send me customized help and performance suggestions” jika tidak menginginkannya.

Panduan Lengkap Cara Daftar Google AdSe terbaru

Selanjutnya Anda diharuskan memilih negara, isi bagian ini dengan nama negara kita yaitu “Indonesia”. Dan jangan lupa untuk mencentang ketentuan dan pedoman perjanjian AdSense, lalu klik tombol “ Get Started”.

Setelah proses diatas, Anda akan langsung dibawa ke bagian halaman akun AdSense Anda dan akan muncul beberapa popup, langsung saja klik tombol “Get Started”.

Selanjutnya Anda akan dibawa ke langkah untuk mengisi informasi tentang pembayaran atau “Payment Address Detail”. Pada bagian ini usahakan jangan salah dan sesuaikan dengan KTP atau SIM Anda. Karena ini akan berhubungan ketika mencairkan dana dari AdSense.

Pilih Account Type dengan “Individual” jika Anda blogger biasa dan “Business” jika situs Anda merupakan situs bisnis yang besar seperti portal berita Detik atau Kaskus.

Selanjutnya masukkan nama, alamat lengkap, propinsi, kode pos dan juga nomor hanphone Anda. Dan klik “Submit”.

Setelah itu Anda diharuskan untuk melakukan verifikasi nomor hanphone Anda dengan pilihan dikirim lewat sms atau panggilan telepon. Silahkan pilih : “Text Message” dan klik “Sent Verification Code”.

Silahkan tunggu beberapa saat maka Google akan mengirimkan sms ke handphone Anda. Dan jika Anda sudah mendapatkannya, silahkan masukkan kode tersebut pada kolom verifikasi kode. Jumlah kode adalah 6 digit. Jika sudah silahkan klik tombol “Submit”.

Selanjutnya jika proses diatas berhasil. Anda akan mendapatkan kode AdSense, silahkan copy tersebut dan paste pada situs Anda tepat di antara tag <head> dan </head>. Jika Anda pengguna WordPress maka buka file header.php yang berada pada menu Appearance » Editor dan cari file header.php pada bagian samping kanan, jika sudah silahkan cari tag <head> paste kode AdSese setelah tag tersebut.

Jika sudah Anda paste pada header Anda, silahkan centang pilihan “I’ve pasted the code into my site” dan klik tombol “Done”.

Dan proses pendaftaran AdSense Anda sekarang sudah selesai, selanjutnya Google akan melakukan tinjuauan pada situs blog Anda dan ini biasanya memakan waktu sampai 3 hari.

Jika Anda diterima oleh Google AdSense maka Anda akan melihat iklan AdSense muncul di situs blog Anda dan jika tidak maka Anda akan menerima email pemberitahuan dari AdSense yang berisikan alasan kenapa situs Anda di tolak dan memberikan beberapa poin apa saja hal yang perlu Anda perbaiki.

Dan selama masa menunggu silahkan untuk banyak-banyak berdoa agar Google AdSense menerima lamaran Anda. 🙂

Tags: