Panduan Penggunaan Google Form

Mengenal Google Form

Di jaman yang semakin canggih seperti sekarang ini, dibutuhkan fasilitas-fasilitas modern untuk memudahkan akses informasi. Maka dari itu google membuat inovasi baru dalam rangka memudahkan akses data elektronik. Salah satunya yaitu google forms.

Sebelum mengetahui langkah-langkah membuat google forms lebih baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud google forms. Google forms atau yang bisa disebut google formulir adalah alat yang digunakan untuk membantu anda merencanakan acara, mengirim survey, memberikan orang lain kuis atau mengumpulkan informasi secara mudah dan efisien.

Banyak pengguna yang mungkin tidak menyadari bahwa google forms bukan sebagai aplikasi terpisah melainkan sebagai bagian dari google drive. Maka dari itu untuk membuat formulir baru kita harus login terlebih dahulu login ke gmail atau google apps.

Manfaat dan Contoh Penggunaan Google Form

Manfaat google forms untuk aktifitas sehari-hari adalah:

  1. Distribusi dan tabulasi online dan real-time
  2. 50 orang dapat bekerja dalam satu berkas dalam satu waktu. Setiap perubahan disimpan secara otomatis
  3. Menyimpan berkas penting atau tugas sekolah tidak takut hilang atau rusak karena virus

Contoh penggunaan google forms untuk aktifitas sehari-hari:

  1. Untuk kuis online, ujian online, survey performa profesi seseorang, survey masukan seperti tanggapan atau saran, formulir registrasi online.
  2. Mendukung paperless culture: tidak lagi print-print formulir semuanya dijadikan online, bahkan tabulasi hasilnya otomatis sudah online.

Kelebihan dan Kekurangan Google Form

Kelebihan:

  1. Mudah digunakan, dalam pembuatan maupun pemakaiannya. Dengan hal ini google form dapat mudah di gunakan untuk pemula
  2. Gratis, layanan ini dapat diakses ecara gratis tanpa membuang buang uang
  3. Mudah dibagikan, dapat dengab mudah dibagikan pada platform apa saja

Kekurangan:

  1. Tidak bisa digunakan dalam forum diskusi online
  2. Tidak bisa menggunakan equation dengan secara langsung
Baca Juga :  Cara mengatur zoom meeting Supaya bisa lebih dari 40 menit

Cara Penggunaan

  1. Buka lah akun gmail yang kalian miliki > klik titik-titik 9 yang berada di atas pojok kanan > klik yang Drive > klik tanda + warna-wani yang berada dipojok kiri atas > pilih lainnya > klik google formulir.
  • Setelah itu ketiklah judul form pada kolom judul yang di sediakan > ketiklah pertanyaan atau isia yang akan diajukan > pilihlah model jawaban yang sesuai dengan pertanyaan (conoh gambar dibawah ini adalah model pilihan ganda)
  • Apabila ingin menambah pertanyaan, silahkan klik tombol + dalam lingkaran kolom sebelah kanan, apabila ingin menjadikan isian sebagai kewajiban untuk diisi, silahkan klik tombol “wajib diisi” dipojok bawah kanan kolom.

  • Setelah semuanya sudah dibuat sesuai dengan apa yang diinginkan silahkan bagikan form dengan klik “kirim” dipojok kanan atas.
  • Setelah klik kirim akan muncul kolom link yang siap dibagikan > klik tanda rantai atau symbol yang tengah > klik perpendek URL, agar link lebih mudah untuk dibagikan > klik salin.

sekian, itulah tutorial yang bisa kami bagikan dalam penggunaan google form yang dapat memudahkan kita dalam menyurvey ataupun membuat form soal secara digital.

Oleh Rosidatur Rochmah

Tags: