CARA MEMBUAT FORMULIR DI GOOGLE FORM

BERIKUT CARA MEMBUAT FORMULIR DI GOOGLE FORM

Selamat pagi para readres, disini kita akan menjelaskan cara pembuatan Google Form. Sebelumnya, kalian tau gaksih apa manfaat dan kegunaan dari Google form ini?, Google form dapat digunakan untuk berbagai macam pengambilan Quisioner, soal ujian, ataupun voting suara. Karena sifatnya yang mudah dan tidak ribet, banyak yang memilih google form untuk ujian. Mengapa hal demikian dapat terjadi? Karena google form bersifat mudah diakses, juga tidak memerlukan kuota internet yang banyak, lagi pula siapapun bisa mengakses google form ini.

Google form ini dapat diaplikasikan untuk ujian yang berbasis online, walaupun tidak efektifnya siswa dapat membuka laman web yang lain jika diberikan akses lewat hp pribadi. Namun, dengan adanya google form kita juga dapat menghemat penggunaan kertas, di era modern ini pengajar juga dituntut untuk mengikuti perkembangan namun juga tidak sampai siswa terlalu melampaui batasan.

Nah, sekarang kalian taukan apa manfaat dan kegunaan dari google form ini sendiri, kita lanjut ke cara pembuatan sekarang. Sebelumnya kita siapkan dahulu, laptop atau computer, paket data atau jaringan internet, charger laptop dan soal yang akan dimasukkan ke dalam google form.

 Tutorial membuat form melalui google form pada laptop

  1. Langkah yang pertama, Nyalakan terlebih dahulu laptop anda
  2. Sambungkan signal internet laptop anda terlebih dahulu
  3. Jika sudah tersambung, masuk aplikasi mozila firefox atau chrome pada laptop anda
  4. Kemudian ketik link  https://drive.google.com/drive/my-drive
  5. Setelah anda masuk keakun google drive, carilah tanda seperti di bawah ini,
  • Kemudian klik “lainnya”, di situ nanti akan muncul opsi yang lain, anda klik google formulir
  • Setelah itu akan muncul 2 opsi, pilih dari templet atau membuat lembaran baru, disini kami menyarankan untuk membuat lembaran baru, karena kita baru awal pertama membuat google form ini.
  • Saat sudah masuk pada lembar baru, kita akan disajikan beberapa menu yang tersaji, seperti di gambar ini, ada yang difungsikan untuk menambah pertanyaan baru, menjadi pembatas antara pertanyaan yang satu dengan yang lain, di dukung pula dengan gambar yang ditambahan, video, dan mengimport pertanyaan jika sudah kita siapkan.
  • Disini kita juga dapat memilih opsi untuk jawaban, ada yang pilihan ganda, uraian, jawaban singkat, mencentang dan lain sebagainya. Tergantug kita ingin memilih opsi yang mana untuk jawaban soal kita.
  • Setelah itu, ada tanda “wajib disini” itu dapat kita aktifkan juga bias tidak. Jika kita mengaktifkan tombol tersebut, maka pertanyaan yang kita sajikan pada bagian itu harus wajib di jawab dan akan muncul tanda “*” berwarna merah yang berarti soal harus dan wajib disini. Namun jika tidak kita aktifkan makan pada soal tersebut tidak akan muncul tanda tersebut.
  • Setelah kita sudah selesai memasukkan semua soal, maka akan otomatis tersimpan pertanyaan kita. Jadi readres tak perlu risau jika tiba-tiba pc kita mati atau jaringan internet hilang. Karena semua akan otomatis tersimpan secara otomatis.
  • Setelah itu kita salin link pertanyaan kita untuk dibagikan pada siswa ataupun responden kita, dengan satu kali klik link tersebut, responden kita dapat masuk ke pertanyaan kita dan mulai mengisi pertanyaan yang telah kalian sajikan.

Sekian tutorial dari kami, semoga bermanfaat. Jika ada yang masih dibingungkan, readres bias melihat tutorial secara mendetail di youtube, atau langsung praktik, agar tau bagaimana cara pengaplikasian dari google form ini sendiri. Sampai jumpa lagi readres…

Tags: