Panduan Penggunaan Software Check Plagiasi Online

Panduan Penggunaan Software Check Plagiasi Online

Apakah kalian seorang mahasiswa? Pasti pernah dengar istilah “Plagiat”, bukan? Sebagai mahasiswa, kalian pasti pernah mendapat tugas membuat makalah atau jurnal, kan? Tapi, apa kalian yakin tugas yang kalian kerjakan sudah bebas dari plagiasi / plagiat?

Dalam menyusun makalah atau jurnal, kalian pasti mengambil isi dari beberapa referensi seperti artikel berita, jurnal, serta buku. Tentu saja kalian yang belum mengerti akan menjiplak referensi tersebut tanpa merubahnya sedikitpun, tapi apa kalian tahu kalau hal tersebut termasuk dalam kegiatan plagiat? Tentu saja, karya ilmiah yang kalian buat haruslah bersih dari plagiasi, karena karya ilmiah yang dibuat harus terjamin keabsahan dari penulisnya sendiri.

Setiap kampus tentu memiliki kebijakan tersendiri dalam hal plagiasi karya tulis ilmiah. Seperti contohnya di Universitas tempat penulis menimba ilmu ini, kampus penulis menetapkan presentase batas plagiat maksimal sejumlah 20%. Yang artinya jika ada yang melanggar dan membuat karya ilmiah dengan plagiasi lebih dari 20% maka penulis wajib merevisi atau memperbaiki sampai presentase plagiasinya kurang dari 20%.

Banyak sekali tips dan trik meminimalisir adanya plagiasi di karya ilmiah kalian, berikut penulis memberikan beberapa tips dan triknya. Cekidot!

  1. Parafrase

Tulisan yang didapat dengan menjiplak persis dari referensi tentu berpotensi besar mengandung plagiarisme, disini kalian harus merubah kata-kata dari referensi dengan kalimat kalian sendiri. Selain meminimalisir plagiasi, hal ini juga memudahkan pembaca karya ilmiah kalian agar lebih mudah memahami isi karya kalian. Tapi tentu saja, kalian harus mencantumkan sumber ide yang kalian tulis. Karena jika tidak, kalian juga termasuk melakukan plagiat.

  • Menertakan Sitasi

Apa itu sitasi? Sitasi adalah iformasi darimana referensi yang terkandung dalam karya ilmiah didapat. Sumber tentu tiak hanya dari jurnal, buku, dan artikel. Gagasan yang didapat dari internet tentu juga harus dicantumkan. Dicantumkan disini dimaksudkan berupa footnote atau bodynote.

  • Menggunakan Software Check Plagiarisme Online

Tips ini adalah tips terakhir setelah karya ilmiah kalian telah diselesaikan. Jika sudah menjalankan dua tips di atas, tapi kalian masih ragu dengan tulisan kalian, software check plagiarisme mungkin dapat dicoba. Disini kalian dapat melihat berapa persen kemiripan karya ilmiah ditemukan.

            Disini penulis akan menunjukkan cara penggunaan software check plagiarisme online yang mudah dipahami dan mudah dipraktekkan.

Berikut langkah-langkah penggunaan software check plagiarisme online:

  1. Selesaikan karya ilmiah yang kalian buat, kemudian simpan atau save di space yang kalian inginkan.
  2. Buka link situs penyedia jasa cek plagiarisme. Berikut beberapa situs yang disarankan oleh dosen Teknologi Informasi penulis:

http://plagiarisma.net/

http://www.plagscan.com/plagiarism-check/

http://www.quetext.com/

https://plagiarismsoftware.net/

http://plagiarismcheckerx.com/

  • Disini saya menggunakan situs https://plagiarismsoftware.net/                                                                     
  • Klik situs yang tertera diatas hingga muncul tampilan seperti dibawah
  • Klik gambar klip kecil ujung bawah kanan, hingga muncul pop up documents, pilih karya ilmiah yang akan kalian lihat presentase plagiasinya, klik open.
  • Setelah teks yang tersusun di karya ilmiah kalian tercantum dalam kolom, klik check plagiarism berkotak biru seperti gambar dibawah
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul beberapa angka yang menunjukkan presentase
  • Perhatikan angka berwarna merah dan hijau. Jika pada angka merah tertulis 0% plagiarism, artinya karya ilmiah yang kalian buat terbebas dari kandungan plagiasi.
  • Sedangkan angka berwarna hijau menunjukkan keunikan atau keabsahan karya ilmiah yang kalian buat memang sudah baik dan terbebas dari plagiarisme.

Terimakasih

Tags: