Langkah-langkah dalam membuat Blog

Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama).

Langkah Awal Sebelum Kalian Membuat Blog

  1. Langkah awal dalam pembuatan blog adalah harus mempunyai akun atau yang sering disebut Email atau Gmail yang masih aktif.
  2. Kemudian langkah kedua adalah  Search “Blog” di Google atau chrome, jika sudah akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini, lalu klik “Buat Blog/Login” untuk masuk kehalaman selanjutnya.
  • Jika anda sudah memiliki gmail atau email yang masih aktif tinggal pilih gmail atau email anda lalu masukkan kata sandi sebagai pemula, setelah itu arahkan kursor pilih tombol “berikutnya”,   karena bertujuan untuk masuk ketahap selanjutnya (sebagai pengenal).
  • Lalu muncul tampilan halaman awal pada bloger setelah arahkan kursor dan isi  “Display Name” jika sudah pilih “Continue to Blogger”.
  • Jika sudah masukkan nama Blog anda, sesuai dengan keinginan anda.
  • Tahap selanjutnya adalah mengeklik tombol “lanjutkan ke Blogger dan jika sudah Klik “buat Blog baru”.
  • Kemudian, buat daftar Blog, isi judul dan alamat blog yang kamu inginkan tujuannya adalah sebagai tanda pengenal Blog anda, jika sudah pilih “Create Blog!”.
  • Lalu muncul “Google Domains” ini muncul dari alamat yang kamu buat pada poin ke 7 (tanda pengenal google atau akun blog kamu) jika sudah pilih “no tanks”atau x pada pojok kecil kanan atas.
  • Setelah itu kamu bisa membuat atau mengganti-ganti tema, pilih tema yang sesuai dengan keinginan kamu agar halaman blog kamu kelihatan cantik pilih sesukamu tujuannya untuk mempercantik tampilan Blog kamu.
  1. Kemudian atur identitas dan profil sesukamu agar ada tanda pengenal
  2. Jika kamu ingin Post sesuatu pilih “New post” pada bagian pojok kiri atas atau “create new post” setalah itu kalian bebas mengisi atau mengapresiasikan sesuka kalian. Setelah kalian mengekliknya akan muncul halaman seperti halaman yang ada di Microsoft Office “Menu Bar” disitu ada beberapa icon berfungsi sama seperti yang ada diMicrosoft Office, tinggal kalian sesuaikan dengan keinginan kalian
  1. Setalah kalian membuatnya, akan muncul gambar yang seperti pada anak panah dipoint 11, jika dibawah ada tulisan “publish” jika kalian ingin mempublikasikan ke media umum atau halaman Google, kalian klik tulisan “publish” tapi jika tidak ingin mempublikasiakan kalian tidak perlu mengekliknya
  2. Isi blog dengan pengetahuan yang bermanfaat supaya blog kamu berguna bagi sipembacanya.

Selamat Membuat, Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kalian 🙂

Tags: