Contoh RPP 1 Lembar untuk SMA/SMK/MA sesuai permendikbud no 14 tahun 2019

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                                        :  SMA

Mata Pelajaran                             :  EKONOMI

Kelas/Semester                             :  XII IPS/ 2

Materi Pokok                               :  Karakteristik Perusahaan Dagang

Alokasi Waktu                             :  4 JP x 45 menit (2 pertemuan)

  1. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengkaji berbagai sumber belajar, melalui pendekatan saintifik dengan model pembelajaran Problem Based Learning with Summary Card peserta didik dapat menganalisis penyusunan siklus akuntansi pada perusahaan dagang dan membuat laporan keuangan pada perusahaan dagang dengan mengembangkan sikap kemandirian, jujur,  penuh tanggung jawab, bekerja keras dan bekerja sama.

  1. Langkah-langkah Pembelajaran
Tahap/SintaksLangkah-langkah pembelajaranAlokasi waktu
 PENDAHULUAN15 menit
 Melalui tampilan video ekonomi tentang perusahaan dagang diberi pertanyaan awal apakah perbedaan perusahaan jasa dan dagang? transaksi apa sajakah yang terjadi di perusahaan dagang? 
 KEGIATAN INTI150 menit
Mengorientasikan peserta didik terhadap masalahPeserta didik mencermati sajian masalah di LPKD dengan berkelompok dengan diajukan pertanyaan pengarah untuk mendorong peserta didik memprediksi atau mengajukan dugaan (hipotesis) 
Mengorganisasi peserta didik untuk belajar  Peserta didik diorganisasikan untuk belajar dalam bentuk diskusi kelompok kecil, dijelaskan lebih rinci alternatif-alternatif strategi untuk menyelesaikan masalah yang ditentukan di LKPD melalui penyusunan Summary Card : Kelompok 1 Karakteristik Perusahaan Dagang Kelompok 2 Transaksi Perusahaan Dagang Kelompok 3 Akun-akun pada Perusahaan Dagang 
Membimbing penyelidikan individual maupun kelompok  Peserta didik dibimbing untuk menyelidiki melalui berbagai informasi dan refernsi dari media . Pengumpulan informasi data diklasifikasikan dan dianalisis untuk pemecahan masalah. 
Mengembangkan dan menyajikan hasil karyaSetiap kelompok mempresentasikan hasil dari Summary Card, kelompok yang lain menanggapi. 
Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah  Peserta didik mengkritisi hasil Summary Carddengan menganalisis dan mengevaluasinya serta memberikan kesimpulan tentang Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang. 
 PENUTUP15 menit
 Peserta didik dapat menganalisis dan menyimpulkan ciri-ciri perusahaan dagang dengan karakteristiknya melalui diskusi kelompok dan dari berbagai sumber media informasi yang ada, mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari 
  1. PenilaianPenilaian Sikap       : Observasi dan Jurnal dengan instrument sikapPengetahuan            : Tes Tertulis (PG dan Uraian) dan Penugasan
  2. Keterampilan          :Praktek LKPD dan Produk

Mengetahui                                                     …………………………..                 

Kepala SMA,                                                  Guru Mata Pelajaran,

……………………………….                       ………………………..

Tags: