Cara Mengecek Mahasiswa Aktif atau Alumni di Forlap Dikti

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia adalah kementerian pemerintah yang memiliki tugas melakukan urusan di bidang penelitian, ilmu pengetahuan dan teknologi dan pendidikan tinggi untuk membantu Presiden Indonesia dalam melaksanakan negara.

Kemristekdikti melakukan terobosan untuk mempermudah pengaksesan data dengan dibuatnya portal online dengan nama laman PD DIKTI atau Forlap Dikti. Seluruh data yang ada pada laman Forlap Dikti diinput oleh masing-masing Universitas tempat mahasiswa tersebut berasal.

Laman ini dapat diakses jika memang diperlukan sebagai sumber rujukan untuk berbagai kepentingan seperti pendaftaran PNS, pencarian kerja dan juga untuk melanjutkan pendidikan. Jika Anda seorang mahasiswa ataupun alumni yang ingin melakukan pengecekan data apakah sudah terdaftar sebagai mahasiswa atau sebagai alumni , dapat melakukan langkah berikut ini: 

Cara Pertama

1. Langkah awal yangharus di lakukan kunjungi website https://pddikti.ristekdikti.go.id/

2. Isikan NIM pada kotak pencarian dan tekan tombol Search

3. Jika sudah menekan tombol Seach, scroll ke bawah sampai mendapatkan nama Mahasiswa, klik pada nama mahasiswa tersebut

4. Untuk melihat sebagai mahasiswa aktif, bisa mengecek pada kolom Status Mahasiswa Saat ini

Selanjutnya untuk melihat status sebagai alumni tampilannya sebagai berikut

jika memiliki kendala menggunakan cara pertama bisa menggunakan cara ke 2

Cara Ke 2

1, Silakan mengunjungi laman PD Dikti denganmengakses http://forlap.dikti.go.id/.

2. Jika sudah muncul pada halaman laman PDDikti,silakan pilih atau klik pada Menu > Pencarian Data dan pilih Profil Mahasiswa.

3. Setelah terpilih Anda akan diarahkan menuju halaman Pencarian Data Mahasiswa. Pada laman ini Anda akan menjumpai beberapa kolom yang harus diisi dengan kata kunci seperti, nama Perguruan Tinggi tempat Anda menempuh pendidikan, kolom ini tidak boleh kosong. Isikan kode kode perguruan tinggi atau nama perguruan tinggi anda

4. Seuaikan Program Studi, dan isilah kata kunci dengan NIM atau Nama Lengkap, jangan lupa mengisi pada kolom Pengaman, jika sudah terisi klik Cari Mahasiswa. Jika Nama atau NIM sudah di temukan klik pada kolom Nama Mahasiswa (di tandai kotak merah)

5.  Untuk melihat sebagai mahasiswa aktif, bisa mengecek pada kolom Status Mahasiswa Saat ini

Selanjutnya untuk melihat status sebagai alumni tampilannya sebagai berikut

Pastikan status mahasiswa saat ini Lulus jika sudah menjadi alumni atau jika belum berubah statusnya dapat menghubungi admin PDDIKTI kampus anda masing-masing. Sumber : http://pustipad.uin-alauddin.ac.id.

Tags: