Tata Cara pendaftaran SNMPTN 2020

Berikut Tata Cara pendaftaran SNPTN 2020

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah membuka pendaftaran SNMPTN 2020 pada 2 Desember 2019. Pendaftaran dimulai dengan pembuatan akun di portal.ltmpt.ac.id. Registrasi akun LTMPT merupakan kebijakan baru LTMPT di penerimaan mahasiswa tahun 2020. Setiap siswa yang hendak mengikuti SNMPTN dan SBMPTN wajib melakukan registrasi akun LTMPT.

Berikut ini tahapan pendaftaran SNMPTN 2020.

  1. Registrasi Akun LTMPT a. Calon peserta baik SNMPTN, UTBK, maupun SBMPTN diwajibkan untuk melakukan registrasi atau membuat akun di LTMPT melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id. b. Pendaftaran akun LTMPT dilakukan pada tanggal 2 Desember 2019-7 Januari 2020.
  2. Pengisian Data PDSS a. Sekolah melakukan pengecekan NPSN di laman PDSS. b. Sekolah harus memastikan bahwa NPSN beserta data tentang Sekolah sudah benar dan terverifikasi di PDSPK Kemdikbud. c. Kepala Sekolah atau yang ditugasi Kepala Sekolah mengisikan keseluruhan data siswa kelas XII di PDSS melalui https://portal.ltmpt.ac.id. d. Pengisian Data PDSS oleh Sekolah dapat dilakukan pada tanggal 13 Januari – 06 Februari 2020.
  3. Pemeringkatan a. Pemeringkatan siswa dilakukan oleh Sekolah berdasarkan nilai mata pelajaran sebagai berikut. Jurusan IPA: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi. Jurusan IPS: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi. Jurusan Bahasa: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing. SMK: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian (Teori Kejuruan dan Praktik Kejuruan). b. Berdasarkan kelengkapan data nilai siswa yang diisikan oleh sekolah akan ditetapkan jumlah siswa yang dapat mendaftar SNMPTN 2020 dengan ketentuan Akreditasi Sekolah: Akreditasi A: 40 persen Akreditasi B: 25 persen Akreditasi C dan lainnya 5 persen c. Pemeringkatan siswa dilakukan oleh sekolah dengan memperhatikan ketentuan pada butir (a). d. Sekolah dapat menambahkan kriteria lain berupa prestasi akademik dalam menentukan peringkat siswa bila ada nilai yang sama. e. Sekolah mengisikan daftar siswa yang dapat mengikuti SNMPTN 2020 sesuai jumlah yang ditetapkan pada butir (b) dari tanggal 13 Januari 2020 – 06 Februari 2020. f. Jumlah siswa yang masuk dalam pemeringkatan sesuai dengan ketentuan kuota akreditasi sekolah sebagaimana butir (b). g. LTMPT melalui PDSS akan menerbitkan daftar siswa yang layak untuk mendaftar SNMPTN 2020 sesuai dengan hasil pemeringkatan oleh sekolah setelah sekolah melakukan finalisasi PDSS.
  • Pendaftaran SNMPTN a. Siswa pendaftar yang memenuhi kriteria pemeringkatan oleh sekolah, menggunakan email dan password login ke laman LTMPT https://portal.ltmpt.ac.id untuk melakukan pendaftaran. b. Siswa pendaftar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada). Siswa pendaftar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN pilihan. c. Siswa pendaftar pada program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh dari laman https://portal.ltmpt.ac.id. d. Siswa pendaftar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.

Penulis: Dipna Videlia Putsanra

Editor: Agung DH

Tags: