Contoh Soal CPNS TWK Berdasarkan Kisi-Kisi 2019/2020

Berikut Contoh Soal CPNS Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) Berdasarkan Kisi-Kisi 2019/2020

Pada kesempatan kali ini, kami ingin berbagi informasi mengenail contoh soal CPNS yang biasanya sering muncul setiap tahunnya. Bagi kalian yang sedang bingung mencari contoh soal CPNS, kalian tidak perlu khawatir, karena disini kami akan memberikan beberapa link download ebook contoh soal yang dapat kalian pelajari.

Selain contoh soal CPNS, disini kami juga memberikan informasi mengenai Passing Grade CPNS 2019, Kisi-kisi Soal SKD CPNS 2019/2020 sesuai dengan PERMENPAN-RB Nomor 23 Tahun 2019 dan Tips & Trik Lulus SKD, Jadi simak terus penjelasan artikel ini sampai selesai, supaya kalian dapat membantu kalian dalam mengikuti tes seleksi CPNS 2019.

Passing Grade CPNS 2019

Passing Grade atau nilai ambang batas CPNS Tahun ini mengalami sedikit perubahan daripada tahun sebelumnya. Perubahan tersebut terdapat pada nilai Tes wawasan Kebangsaan (TWK) dan Tes Karakteristik Kepribadian (TKP). Nilai TWK dan TKP tahun 2018 adalah 75dan 143, tetapi pada tahun 2019 ini turun menjadi 65 dan 126. Hal ini merupakan sebuah peluang yang sangat bagus bagi calon peserta CPNS 2019. Selain nilai passing grade yang berubah, ruang lingkup materi yang diujikan untuk tahun ini pun lebih kecil daripada tahun sebelumnya. Untuk lebih lengkapnya kalian bisa melihat gambar dibawah ini:

PASSING GRADE CPNS 2019

Kisi-Kisi Soal SKD CPNS 2019

Berdasarkan Peraturan Menteri PAN-RB No. 23 Tahun 2019, kisi-kisi materi yang diujikan pada saat SKD meliputi sebagai berikut:

  1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
  2. Tes Intelengensia Umum (TIU)
  3. Tes Karkateristik Pribadi (TKP)

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Diantara ketiga materi yang diujikan dalam Tes Seleksi Kemampuan Dasar (SKD), Menurut kami TWK adalah materi yang paling gampang dikerjakan dibandingkan dengan lainnya. Mengapa demikian?. Karena Pada soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) kamu dituntut untuk lebih banyak membaca materi seputar TWK agar mudah pada saat tes SKD. Jika kamu tidak mengetahui atau ragu tentang jawabannya, maka pilihlah jawaban yang kira2 menurut kamu paling benar. Mengapa? Karena pada soal ini lebih mengutamakan ingatan kamu dibandingkan analisis kamu. Usahakan agar tidak menghabiskan banyak waktu pada saat mengerjakan soal ini.

Yang harus kamu lakukan agar mudah dalam mengerjakan soal-soal TWK adalah dengan cara sering-sering membaca seputar informasi terkait Nasionalisme,Integritas,Bela Negara,Pilar Negara, dan Bahasa Indonesia. Pastikan kamu mengerjakan soal ini secepat mungkin yang kamu bisa agar kamu memiliki waktu yang banyak untuk mengerjakan soal TIU dan TKP.

Soal Tes Wawasan Kebangsaan bertujuan untuk menguji dan melihat sejauh mana penguasaan pengetahuan dan kemampuan para peserta dalam mengimplementasikan nilai-nilai 4 (empat) Pilar Kebangsaan Indonesia yang meliputi:

  1. Nasionalisme;
  2. Integritas;
  3. Bela Negara;
  4. Pilar Negara;
  5. Bahasa Indonesia.

Tes Intelegensia Umum (TIU)

Soal Tes Intelengensia Umum (TIU) dimulai dari nomor 36 sampai 65. Pastikan kalian memiliki cukup banyak sisa waktu ketika mengerjakan soal pada bagian ini. Karena Pada Soal Tes Intelegensia Umum (TIU) akan banyak menguras tenaga dan pikiran kalian. Pada bagian ini kalian akan dituntut lebih banyak berpikir,teliti, jeli dan tentunya banyak menghitung.

Salah satu tips & trik mengerjakan soal bagian ini adalah dengan cara tidak terlalu berlama-lama pada satu soal. Jika kalian mengalami kesulitan ketika mengerjakan salah satu soal pada bagian ini. Kalian harus langsung cepat-cepat berpindah ke soal lain yang lebih mudah.

Karena Soal Tes Intelegensia Umum ini adalah bagian yang paling sulit dibandingkan dua bagian soal lainnya. Pastikan kalian mengerjakan Soal bagian ini di sepertiga akhir waktu yang kalian miliki. Kerjakan dulu bagian yang paling mudah, sehingga kalian mempunyai banyak sisa waktu untuk mengerjakan bagian yang paling susah.

Tes Intelejensi Umum (TIU) bertujuan untuk menguji dan melihat sejauh mana kemampuan dari para peserta ujian cpns dalam analisa numerik, verbal serta berpikir logis dan analitis . Soal Tes Intelengensia Umum sendiri terdiri dari tiga bagian tes yaitu:

Kemampuan Verbal, yang meliputi :

  1. Analogi, bertujuan untuk mengukur kemampuan para peserta CPNS dalam bernalar atau berpikir melalui perbandingan dua konsep yang memiliki keterkaitan/hubungan tertentu kemudian menggunakan konsep hubungan tersebut pada situasi/keadaan yang lain.
  2. Silogisme, bertujuan untuk mengukur kemampuan para peserta CPNS dalam menarik kesimpulan dari dua pernyataan yang diberikan;
  3. Analitis, bertujuan untuk mengukur kemampuan para peserta CPNS untuk melakukan analisis/analisa kuantitatif dari informasi yang diberikan

Kemampuan Numberik, yang meliputi:

  1. Berhitung , bertujuan mengukur kemampuan para peserta CPNS dalam Hitung Sederhana;
  2. Deret Angka, bertujuan mengukur kemampuan para peserta CPNS untuk melihat pola hubungan angka-angka;
  3. Perbandingan Kuantitatif, bertujuan untuk mengukur kemampuan para peserta CPNS untuk menarik kesimpulan berdasarkan dua data kuantitatif
  4. Soal Cerita, bertujuan mengukur kemampuan para peserta CPNS untuk melakukan analisis kuantitatif dari informasi yang diberikan atau permasalahan.

Kemapuan Figural, yang meliputi:

  1. Analogi, bertujuan untuk mengukur kemampuan para peserta CPNS dalam bernalar melalui perbandingan dua gambar yang memiliki hubungan tertentu kemudian menggunakan konsep hubungan tersebut pada situasi/keadaan lain;
  2. ketidaksamaan, bertujuan mengukur kemampuan indvidu untuk melihat perbedaan beberapa gambar;
  3. serial, bertujuan mengukur kemapuan para peserta CPNS dalam melihat pola hubungan dalam bentuk gambar.

Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Soal Tes Karakteristiik Pribadi (TKP) merupakan soal yang mudah dan sedikit menjebak. Walaupun soal ini berisi tentang pertanyaan tentang karakteristik pribadi, dan tidak perlu menghitung, dan lain-lain. Tapi jangan salah, soal TKP adalah termasuk soal yang paling banyak menyita waktu kalian. Hal ini dikarenakan soal dan jawabannya nya yang panjang, menjebak, dan semua jawabannya itu hampir-hampir sama. Sehingga kalian bakal membutuhkan banyak waktu ketika membaca dan memikirkan jawabannya.

Pada soal TKP semua jawaban nya benar dan memiliki nilainya. Namun hanya ada satu diantara kelima jawaban tersebut yang mempunyai nilai 5. Banyak juga dari para peserta CPNS yang tidak lulus tahapan Seleksi Kemampuan Dasar dikarenakan kekurangan nilai pada bagian soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Soal Tes Karakteristek Pribadi (TKP) merupakan sebuah tes psikologi yang meneliti jenis dan karakter kepribadian para peserta cpns dalam berbagai aspek, termasuk aspek kognitif dan aspek emosi. Berikut ini adalah materi soal TKP meliputi:

  1. Pelayanan Publik;
  2. Jejaring kerja;
  3. Sosial Budaya;
  4. Teknologi Informasi;
  5. Profesionalisme.

Download Contoh Soal CPNS 2019/2020/2021 PDF

– Download Kumpulan Soal CPNS TWK

Download Soal CPNS – Tata Negara

Download Soal CPNS – Sejarah Perjuangan Bangsa

Download Soal CPNS – Bahasa Indonesia

Download Soal CPNS – Falsafah dan Ideologi Bangsa

Contoh Soal TIU disini

Kumpulan Soal CPNS disini

Untuk Terkait Media Pembelajaran, Strategi Pembelajaran dan Pendidikan Lainnya ada DISINI

Tags: