Contoh Soal CPNS TWK Berdasarkan Kisi-Kisi 2019/2020

  • Whatsapp

Soal Tes Intelengensia Umum (TIU) dimulai dari nomor 36 sampai 65. Pastikan kalian memiliki cukup banyak sisa waktu ketika mengerjakan soal pada bagian ini. Karena Pada Soal Tes Intelegensia Umum (TIU) akan banyak menguras tenaga dan pikiran kalian. Pada bagian ini kalian akan dituntut lebih banyak berpikir,teliti, jeli dan tentunya banyak menghitung.

Salah satu tips & trik mengerjakan soal bagian ini adalah dengan cara tidak terlalu berlama-lama pada satu soal. Jika kalian mengalami kesulitan ketika mengerjakan salah satu soal pada bagian ini. Kalian harus langsung cepat-cepat berpindah ke soal lain yang lebih mudah.

Bacaan Lainnya

Karena Soal Tes Intelegensia Umum ini adalah bagian yang paling sulit dibandingkan dua bagian soal lainnya. Pastikan kalian mengerjakan Soal bagian ini di sepertiga akhir waktu yang kalian miliki. Kerjakan dulu bagian yang paling mudah, sehingga kalian mempunyai banyak sisa waktu untuk mengerjakan bagian yang paling susah.

Tes Intelejensi Umum (TIU) bertujuan untuk menguji dan melihat sejauh mana kemampuan dari para peserta ujian cpns dalam analisa numerik, verbal serta berpikir logis dan analitis . Soal Tes Intelengensia Umum sendiri terdiri dari tiga bagian tes yaitu: Kemampuan Verbal, yang meliputi :

  1. Analogi, bertujuan untuk mengukur kemampuan para peserta CPNS dalam bernalar atau berpikir melalui perbandingan dua konsep yang memiliki keterkaitan/hubungan tertentu kemudian menggunakan konsep hubungan tersebut pada situasi/keadaan yang lain.
  2. Silogisme, bertujuan untuk mengukur kemampuan para peserta CPNS dalam menarik kesimpulan dari dua pernyataan yang diberikan;
  3. Analitis, bertujuan untuk mengukur kemampuan para peserta CPNS untuk melakukan analisis/analisa kuantitatif dari informasi yang diberikan
Baca Juga :  Kisi-Kisi Soal CPNS 2020 dan Contoh Soal CPNS
Kemampuan Numberik, yang meliputi:
  1. Berhitung , bertujuan mengukur kemampuan para peserta CPNS dalam Hitung Sederhana;
  2. Deret Angka, bertujuan mengukur kemampuan para peserta CPNS untuk melihat pola hubungan angka-angka;
  3. Perbandingan Kuantitatif, bertujuan untuk mengukur kemampuan para peserta CPNS untuk menarik kesimpulan berdasarkan dua data kuantitatif
  4. Soal Cerita, bertujuan mengukur kemampuan para peserta CPNS untuk melakukan analisis kuantitatif dari informasi yang diberikan atau permasalahan.
Kemapuan Figural, yang meliputi:

Pos terkait