Contoh RPP Satu Lembar PKn SMP MTs Tahun 2020

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menjadi komponen penting dalam perangkat pembelajaran guru.

Guru wajib menyusun RPP agar pembelajaran lebih terarah dalam mencapai tujuan sesuai indikator yang dikembangkan.

Secara khusus, RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan pembelajaran agar mencapai Kompetensi Dasar secara efektif.

Kebijakan baru terkait penyusunan RPP telah dikeluarkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim.

Kebijakan baru tersebut berupa penyederhanaan RPP, dengan mempertimbangkan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada peserta didik.

Efisien berarti penulisan RPP dilakukan dengan tepat dan tidak banyak menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Efektif artinya penulisan RPP dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Sedangkan berorientasi pada Peserta Didik berarti penulisan RPP dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar peserta didik di kelas.

Kebiakan penyederhanaan RPP tersebut dimantapkan dengan dikeluarkannya Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). 

Pertimbangan penyederhanaan RPP ini adalah guru-guru sering diarahkan untuk menulis RPP dengan sangat rinci sehingga banyak menghabiskan waktu yang seharusnya bisa lebih difokuskan untuk mempersiapkan

Terdapat 13 (tiga belas) komponen RPP yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah dan semua komponen tersebut harus ada dalam penyusunan RPP.

Dengan adanya penyederhanaan RPP ini, maka guru bebas membuat, memilih, mengembangkan, dan menggunakan RPP sesuai prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada peserta didik.

Terdapat 3 (tiga) omponen inti dalam penyederhanaan RPP sesuai edaran Mendikbud Nomor 14 tahun 2019, yaitu tujuan pembelajaran, langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran, dan penilaian pembelajaran (assesment). Komponen lainnya dalam penyusunan RPP bersifat sebagai pelengkap.

1. Tujuan Pembelajaran

Tujuan pembelajaran ditulis dengan merujuk pada Kurikulum 2013 dan kebutuhan belajar peserta didik.

Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh siswa sesuai dengan kompetensi dasar.

Tujuan pembelajaran dibuat berdasarkan Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan Indikator yang telah ditentukan.

2. Langkah-langkah Pembelajaran

Langkah-langkah pembelajaran ditulis secara efektif berupa kegiatan yang dapat secara langsung mencapai Kompetensi Dasar.

Meskipun demikian, kegiatan pembelajaran tetap dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik.

Di dalam kegiatan pembelajaran, peserta didik diajak untuk berpartisipasi aktif, memberikan ruang yang cukup bagi kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologisnya.

3. Penilaian Pembelajaran (Assesment)

Prosedur penilaian pembelajaran juga dibuat secara sederhana dengan tetap memperhatikan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu kepada standar penilaian.

Dengan adanya kebijakan penyederhanaan RPP ini, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bisa saja dibuat hanya satu halaman, karena penyederhaan RPP tidak memerlukan persyaratan jumlah halaman.

Guru yang sudah membuat RPP dengan format yang mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah tetap dapat menggunakan format RPP yang sudah dibuat sebelumnya.

Guru juga dapat memodifikasi format RPP yang sudah dibuat sesuai dengan prinsip terbatu dalam penyusunan RPP (efektif, efisien, dan berorientasi pada peserta didik_.

Contoh RPP Satu Lembar PKn SMP MTs Tahun 2020

Berikut ini admin bagikan contoh RPP satu lembar PKn SMP MTs tahun 2020 berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 tahun 2019.

Bapak/Ibu Guru dapat mengembangkan sendiri RPP satu lembar tersebut dengan berpedoman pada prinsip-prinsip pengembangan RPP terbaru, yaitu efektif, efisien, dan berorientasi pada peserta didik.

Contoh RPP Satu Lembar PKn SMP MTs

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SMP
Kelas, Semester : VII (Tujuh), 2 (Dua)
Waktu : 2 JP (2 x 40 Menit)

Materi Pokok :  Keberagaman Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan dalam Bingkai Bhineka Tunggal Ika

Sub Materi : Keberagaman dalam Masyarakat Indonesia

A, Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu memahami karakteristik daerah tempat tinggalnya dalam kerangka NKRI,

B. Langkah-langkah Pembelajaran

  • Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok yang beranggotakan 4 siswa.
  • Guru memberi tugas dan materi yang berbeda untuk tiap anggota dalam kelompok.
  • Anggota dari tim yang berbeda yang telah mempelajari bagian/subbab yang sama bertemu kelompok baru (kelompok ahli) untuk mendiskusikan subbab mereka.
  • Setelah selesai diskusi sebagian tim ahli, tiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar/melaporkan hasil diskusinya kepada teman satu tim mereka tentang subbab yang dibahas.
  • Tiap tim ahli mempresentasikan hasil diskusinya.
  • Guru membimbing peserta didik menghubungkan berbagai informasi yang diperoleh, seperti berikut ini.
    – Hubungan suku dengan wilayah secara geografis. b. Hubungan suku dengan budaya.
    – Persamaan dan perbedaan suku dan budaya.
  • Guru membimbing peserta didik menyimpulkan keberagaman suku dan budaya dalam masyarakat.

C. Penilaian

  1. Penilaian Sikap: Observasi/Jurnal.
  2. Penilaian Pengetahuan:  Tes Tulis, Penugasan.
  3. Penilaian Keterampilan: (1) Unjuk Kerja Kegiatan diskusi dan presentasi.
Mengetahui,
Kepala Sekolah
………………., ………………………………
Guru Mata Pelajaran
,..………………………………
NIP. …………………………
,..………………………………
NIP. …………………………

Tags: