Prediksi Soal UTBK SBMPTN Tahun 2020

Ujian tulis berbasis komputer (UTBK) adalah ujian wajib bagi siswa SMA dan sederajat untuk bisa masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN) melalui jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Nilai UTBK nantinya akan digunakan sebagai syarat utama Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2020 melalui jalur seleksi SBMPTN 2020.

Bahkan, nilai UTBK tak hanya menjadi syarat masuk perguruan tinggi negeri (PTN), sejumlah perguruan tinggi swasta (PTS) saat ini juga telah menggunakan nilai UTBK sebagai seleksi calon mahasiswa. Menurut laman resmi LTMPT sebagai lembaga resmi penyelenggara UTBK, UTBK tahun 2020 dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2018, 2019 dan 2020 dari pendidikan menengah SMA/MA/SMK dan sederajat, serta lulusan paket C tahun 2018,2019 dan 2020. “UTBK merupakan syarat utama untuk mengikuti SBMPTN,” ungkap laman resmi tersebut.

Mengetahui materi apa saja yang diujikan dalam UTBK 2020 membuat siswa siap untuk mengerjakan soal ujian. LTMPT membagi materi UTBK 2020 menjadi dua kategori, yakni Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA). Berikut penjelasannya: Materi Tes Potensi Skolastik (TPS) TPS bertujuan untuk mengukur kemampuan kognitif siswa yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi, Ini Ketentuannya Penilaian TPS terdiri dari: Kemampuan penalaran umum. Kemampuan kuantitatif berupa pengetahuan dan penguasaan matematika dasar. Pengetahuan dan pemahaman umum.

Kemampuan memahami bacaan dan menulis. Perlu menjadi perhatian, bahasa yang digunakan pada TPS sebagian menggunakan bahasa Inggris. Siswa perlu menyiapkan diri dengan cara berlatih soal sesering mungkin dalam bahasa Indonesia maupun Inggris. Selain TPS adapula Tes Kompetensi Akademik (TKA). Tes Kompetensi Akademik (TKA) TKA atau sering disebut Tes Potensi Akademik (TPA) akan mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang diajarkan di sekolah.

Kemampuan akademik sangat diperlukan siswa untuk bisa berhasil dalam menempuh pendidikan tinggi. Target utama tes ialah mendapatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS). Dengan kata lain, HOTS akan melihat sejauh mana penguasaan materi pelajaran yang dimiliki siswa. “TKA juga mengukur kemampuan kognitif yang terkait langsung dengan konten matapelajaran yang dipelajari di sekolah,” tulis laman resmi LTMPT.

Setelah Akun LTMPT lalu Apa? Namun, penguasaan ini tak hanya sekadar hapalan materi pelajaran saja, tetapi juga membutuhkan analisis dan kreativitas siswa dalam menyelesaikan masalah soal. Selain belajar dari buku pelajaran sekolah, memperbanyak latihan mengerjakan soal bisa menjadi solusi agar siswa terbiasa untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan dalam UTBK 2020 nanti.

  1. Prediksi UTBK TKA Saintek 2020 – Biologi Disini
  2. Prediksi UTBK TKA Saintek 2020 – Fisika Disini
  3. Prediksi UTBK TKA Saintek 2020 – Matematika Saintek Disini
  4. Prediksi UTBK TPS 2020 – Penalaran Umum Disini
  5. Prediksi UTBK TPS 2020 – Pengetahuan dan Pemahaman Umum Disini

Tags: