Contoh RPP Inspiratif SD/MI Satu Lembar Kelas Tinggi

Menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyeder­hanaan RPP menjadi tiga kom­ponen, yaitu tujuan, lang­kah-langkah kegiatan, dan asesmen. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran membuat model RPP inspiratif.

Rencana Pelaksa­naan Pembelajaran (RPP) ini di­maksud kan uuntuk memberi­kan guru kebebasan berekspre­si dalam melaksanakan proses pembelajaran. Dalam pelaksa­naannya guru dapat menye­suaikan RPP dengan kondisi kelas dan peserta didik.

Tujuan pembelajaran diturunkan dan diekstrak dari kompetensi dasar dan diuraikan menjadi ko mpetensi-kompetensi yang akan dicapai peserta didik. Kegiatan pembelaja­ran diisi dengan aktivi­tas-aktivitas sesuai sintaks model pembelajaran untuk mencapai kompe­tensi yang telah ditentu­kan. Untuk kegiatan pem­belajaran memuat 3 kom­ponen pembelajaran yaitu kegiatan pendahuluan, inti dan penutup.

Kegia­tan pembelajaran perlu dilengkapi dengan doku­men pendukung, contohn­ya pada kegiatan perco­baan perlu dilengkapi dengan langkah-langkah percobaan. Lang ka h-lang­ka h percobaan tersebut dapat dituliskan dalam buku panduan praktikum.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

TEMATIK KELAS TINGGI

Nama Sekolah                   : …………………………………………

Tahun Pelajaran                : …………………………………………

Periode                                : …………………………………………

Guru Kelas                          : …………………………………………

TUJUAN PEMBELAJARAN

  1. Mengidentifikasi dan menyajikan hasil identifikasi tentang  karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/ maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan  sosial, dan budaya, komunikasi serta transportasi
  2. Mengklasifikasi dan menyajikan hasil klasifikasi  informasi yang didapat dari berbagai media ke dalam aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana menggunakan kosa kata baku.
  3. Menjelaskan dan menyajikan karya tentang konsep organ pencernaan manusia dan fungsinya serta cara memelihara kesehatan organ pencernaan manusia.

LANGKAH KEGIATAN

  1. Mengamati peta Indonesia/globe (letak daerah, kekayaan sumber daya alam, karakteristik).
  2. Mengenal budaya daerah/lokal (mengaitkan ke keragaman budaya Nusantara).
  3. Berdiskusi tentang Kebutuhan makanan sehat bagi manusia.
  4. Mencari informasi tentang jenis sayuran dan buah-buahan yang baik untuk organ pencernaan.
  5. Mencari informasi tentang  jenis penyakit akikbat pola makan tidak sehat dengan 5W1H (jenis penyakit apa……mengapa itu terjadi……siapa saja yang terkena? bagaimana pencegahannya? bagaimana pengobatannya? di manakah sering ditemukan penyakit tersebut?).
  6. Menonton tayangan tentang sistem pencernaan manusia.
  7. Menggambar  organ dan  fungsi sistem pencernaan manusia.
  8. Menjelaskan organ dan  fungsi sistem pencernaan manusia.
  9. Pengenalan cara-cara mengkampanyekan (makan makanan sehat, makan pangan lokal, budaya bersih) dengan bahasa yang benar.
  10. Mengkampanyekan  hidup sehat (makan makanan sehat, makan pangan lokal, budaya bersih).

REFLEKSI DAN KONFIRMASI

(Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan)

PENILAIAN

  1. Pemahaman tentang organ pencernaan dan fungsinya (keterampilan dan pengetahuan : gambar sistem pencernaan dan presentasinya/penjelasan, sikap: kepercayaan diri, mencari lebih dari 2 sumber informasi)
  2. laporan karakteristik daerah, sumber daya alamnya(pengetahuan: hasil data, keterampilan : penyajian data yang menarik, sikap : ketekunan dan daya juang mencari data)
  3. Kemampuan menulis laporan  tentang budaya daerah yang terkait tentang makanan/kuliner
  4. Menuliskan hasil analisis 5 W1H dari 2 artikel tentang makanan sehat
  5. Kemampuan melakukan kampanye (makan makanan sehat, makan pangan lokal, budaya bersih) dengan menunjukan produk/unjuk kerja.
Mengetahui, Kepala Sekolah     …………………………………Surabaya……………. 2010 Guru Kelas,     ……………………

Tags: