Panduan Penggunaan Aplikasi Dapodik Versi 2020.b

Panduan atau Juknis Penggunaan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020.b ini dimaksudkan untuk memberikan kemudahan kepada operator sekolah dan warga sekolah yang hendak mengimplementasikan pengisian data Sekolah melalui Aplikasi Dapodikdasmen.

Penyusunan buku ini merupakan upaya strategis untuk memberikan informasi yang luas kepada operator sekolah tentang Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020.b dalam bentuk panduan.  Melalui buku ini, diharapkan hal-hal yang terkait dengan materi seputar langkah-langkah pengisian, perbaikan dan pembaruan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020.b dapat dipahami dan dimaknai dengan mudah.

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah bertugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pendidikan anak usia dini, dasar dan menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dalam rangka menyelenggarakan dan mengelola sistem pendidikan nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan perlu mengembangkan dan melaksanakan sistem informasi pendidikan nasional yang memuat basis data pendidikan yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi, untuk mewujudkan basis data pendidikan yang relasional sehingga mampu menghasilkan data untuk tiap entitas pendidikan, serta menampung dan mengintegrasikan semua data yang dihasilkan dari kegiatan pengumpulan data, perlu merancang data pokok pendidikan.

Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah adalah salah satu sistem pendataan yang dikelola oleh  Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah yang memuat data satuan pendidikan, peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, dan substansi pendidikan yang disebut sebagai entitas data, dan terus menerus diperbaharui secara daring.  Hasil pengumpulan data melalui Dapodik menjadi dasar diterbitkannya data statistik pendidikan yang memberikan akses informasi kepada para pemangku kepentingan.

Sistem pendataan Dapodikdasmen pada tahun ajaran 2019/2020 mengembangkan pembaruan Aplikasi Dapodikdasmen versi terbaru yang diberi nama versi 2020.b. Secara sistem, pembaruan versi 2020.b disiapkan untuk dapat memenuhi kebutuhan pemanfaatan data di semester genap ini. Aplikasi Dapodikdasmen versi 2020.b dikemas dalam bentuk installer dan patch.

Pembaruan yang paling menonjol pada versi 2020.b diantaranya penambahan fitur tukar pengguna menggunakan login utama sebagai operator sekolah, lembar konfirmasi sebelum melakukan sinkronisasi, perubahan mekanisme penginputan buku, dan penambahan validasi lokal.

SINKRONISASI

Perubahan Alur Proses Sinkronisasi, Yang Berhak Melakukan Proses Sinkronisasi Adalah Peran Kepala Sekolah. Di versi 2020.b ini, peran pengguna yang diberikan hak akses untuk melakukan sinkronisasi adalah kepala sekolah. Pastikan kepala sekolah sudah memiliki akun dapodik. Jika kepala sekolah belum memiliki akun dapodik, adapun juknis atau panduan lengkapnya terkait dengan Penggunaan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020.b anda bias unduh DISINI

Tags: