Petunjuk Pelaksanaan Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) Sekolah Menengah Pertama (SMP) Tahun 2020

KOSN Merupakan suatu kegiatan yang bersifat kompetisi di bidang olahraga antar siswa SMP/MTs atau yang sederajat dalam lingkup wilayah atau tingkat lomba tertentu.

Dalam rangka peningkatan mutu pendidikan dan kualitas sumber daya manusia, pemerintah telah melakukan berbagai strategi, inovasi dan terobosan dalam mengembangkan pembinaan bakat, minat dan prestasi yang diantaranya melalui kegiatan lomba-lomba, kompetisi dan festival yang diikuti oleh para peserta didik yang memiliki kemampuan dan keahlian dalam bidang olahraga, sains, seni, literasi, dan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Pengembangan program ini secara konsisten terus dilakukan melalui pendekatan pembinaan kegiatan ektrakulikuler siswa sebagai wadah para peserta didik untuk meraih prestasi yang maksimal sekaligus upaya dalam pembinaan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Peningkatan mutu pendidikan dan capaian prestasi maksimal para peserta didik akan lebih efektif apabila ditunjang dengan kondisi kesehatan dan daya kreativitas siswa yang baik.

Peningkatan kondisi kesehatan dan kreativitas peserta didik dapat ditunjang oleh beberapa kegiatan antara lain melalui kegiatan olahraga secara teratur dan disiplin. Kita semua menyadari bahwa memiliki raga, jiwa yang sehat dapat menunjang pengembangan individu baik secara organis, neuromuskuler, intelektual, emosional dan sosial, serta meningkatkan daya cipta, rasa dan karya para siswa yang pada akhirnya bermuara pada peningkatan mutu pendidikan.

Aktivitas olahraga merupakan elemen pendukung dalam meraih prestasi akademik, salah satu kunci mendapatkan hasil maksimal dalam pembelajaran. Oleh sebab itu, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memandang perlu memprogramkan kegiatan Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) tingkat SMP Tahun 2020 yang dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat sekolah, Kabupaten/Kota, Provinsi sampai dengan tingkat Nasional.  Terdiri dari 5 (lima) cabang olahraga , yakni : 1. Atletik; 2. Renang; 3. Bulutangkis; 4. Pencak Silat; dan 5. Karate.

KOSN SMP tingkat nasional diharapkan menjadi wahana yang tepat untuk pengembangan bakat dan minat siswa SMP dalam bidang olahraga sekaligus menjadi jalan dalam memotivasi siswa untuk terus belajar, berlatih, berkompetisi secara sportif dan menjadi ajang pembibitan siswa yang kelak dapat berprestasi lebih ditingkat nasional maupun internasional mengharumkan bangsa.

Untuk lebih lengkapnya silahkan unduh Petunjuk Pelaksanaan Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) Sekolah Menengah Pertama (SMP) Tahun 2020 di SINI

Tags: