Panduan Aplikasi e-Raport SD Terintegrasi Dapodik

penilaian hasil belajar peserta didik, baik oleh pendidik maupun oleh satuan pendidikan, akan lebih sistematis, komprehensif, lebih akurat, dan cepat dilakukan apabila didukung dengan perangkat aplikasi komputer. Berkaitan dengan hal tersebut, Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, mengembangkan aplikasi e-Rapor untuk SD  yang terintegrasi dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik), termasuk panduan penggunaannya.

e-Rapor untuk jenjang SD merupakan aplikasi yang berbasis web untuk berfungsi dalam pengelolaan penilaian dan menyusun laporan capaian kompetensi peserta didik (Rapor) pada tingkat satuan pendidikan Sekolah Dasar (SD). Aplikasi e-Rapor SD dikembangkan dengan mengacu pada kaidah-kaidah sistem penilaian pada SD yang dikeluarkan oleh Dit. PSD dan dapat diimplementasikan pada satuan pendidikan pelaksana Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013.

Secara teknis Aplikasi e-Rapor SD didesain terintegrasi dengan Aplikasi Dapodik. Pada saat ini telah dirilis Aplikasi e-Rapor SD versi 2018 yang dapat terintegrasi dengan Aplikasi Dapodik versi terbaru.

Aplikasi e-Rapor SD akan terus dikembangkan dan dilakukan penyesuian sejalan dengan perkembangan Aplikasi Dapodik. Aplikasi e-Rapor SD dikembangkan oleh Tim Pengembang eRapor SD kementerian Pendidikan dan kebudayaan

Pemutakhiran Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah Semester II Tahun Ajaran 2019/2020

  1. Ambil data-data dari Dapodik.
  2. Generate data user melalui menu Data User.
  3. Ubah Password Admin.
  4. Tambah Admin (Jika diperlukan) melalui menu Data Administrator – tambah Administrator
  5. Ringkas Nama Mata Pelajaran
  6. Mapping Mapel Rapor.
  7. Input KKM Mata Pelajaran
  8. Input Tanggal Rapor
  9. Mencetak Leger, Rapor setelah semua nilai lengkap dikirim oleh guru mapel dan wali kelas.
  10. Sinkron Nilai ke Dapodik.
  11. Backup Data e-Rapor

PERSIAPAN DATA (OLEH ADMIN)

  1. Akses localhost:2689 atau buka aplikasi melalui shortcut aplikasi di deskstop
  2. Aplikasi ini dapat pula diakses menggunakan akses localhost:3689
  3. Untuk akses via jaringan, silahkan akses IP server misalnya
  4. http://192.168.1.254:2689 atau http://192.168.1.254:3689 ( jika IP server 192.168.1.254), pastikan bahwa firewall server dinonaktifkan dan jaringan LAN berjalan normal.
  5. Buka aplikasi dengan user: admin , password: admin123456

Untuk lebih lengkapnya anda bias mengunduh aplikasi e-rapor sd v. 1.0 DISINI

Tags: