Kisi-Kisi Soal SKB CPNS 2020

Peserta yang lolos Tes SKD, akan melanjutkan ke tahap Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). namunyang perlu diperhatikan, namun tak semua peserta yang mendapatkan nilai lulus passing grade akan lolos ke tahap selanjutnya atau tes SKB. karena kuota peserta Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) hanya 3 kali dari setiap formasi yang dibutuhkan di instansi yang membuka formasi.

Tes SKB ini dianggap paling menentukan kelulusan, jika diukur dari persentase nilainya. Sebab, banyak instansi pemerintahan pusat dan daerah yang menetapkan kontribusi tes SKB sebesar 60 persen dari total penilaian tes CPNS. Baru sisanya ditambahkan dari hasil nilai tes SKD. Hasil nilai SKD dan SKB selanjutnya akan diintegrasikan dalam rangka untuk menentukan calon peserta yang lolos ke tahap pemberkasan CPNS.

Berdasarkan Peraturan Kemenpan RB Nomor 36 Tahun 2018, tes SKB meliputi antara lain computer assisted test (CAT), tes potensi akademik, tes praktik kerja, tes bahasa asing, tes fisik atau kesamaptaan, psikotes, tes kesehatan jiwa, dan/atau wawancara.

Materi SKB untuk jabatan fungsional disusun oleh instansi pembina jabatan fungsional selanjutnya diintegrasikan ke dalam bank soal CAT BKN Nasional. Lalu, materi SKB untuk jabatan pelaksana yang bersifat teknis dapat menggunakan soal SKB yang sesuai dengan atau masih satu rumpun dengan jabatan fungsional terkait.

Adapun Kisi-kisi yang akan diujikan pada ujian SKB diantaranya :

  1. Tes potensi akademik
  2. Tes praktik kerja
  3. Tes bahasa asing
  4. Tes fisik/sesamaptaan
  5. Psikotes, tes kesehatan jiwa, dan/atau wawancara sesuai yang dipersyaratkan oleh jabatan dari Instansi masing-masing

Hal tersebut sesuai dengan yang dipersyaratkan oleh jabatan, dengan paling sedikit 2 jenis atau bentuk tes. Adapun jadwal berdasarkan informasi di laman BKN, tes SKB akan dimulai pada 25 Maret 2020.

Berikut jadwal resmi pelaksanaan tes SKB CPNS berikut ini:

  1. Pengumuman hasil SKD: 22-23 Maret 2020
  2. Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB): 25 Maret-10 April 2020
  3. Penyampaian hasil seleksi: 27-30 April 2020
  4. Pengumuman hasil seleksi: 1 Mei 2020
  5. Usul penetapan Nomor Induk Pegawai (NIP): 1 Mei-15 Juni 2020.

Jika instansi menetapkan terdapat materi SKB yang menggugurkan, harus diinformasikan atau dicantumkan dalam pengumuman pendaftaran di masing-masing instansi yang membuka formasi penerimaan CPNS 2020.

Untuk seluruh rangkain rangkaian ujian/tes SKB yang harus dijalani, setiap pelamar CPNS bisa melihatnya pada dokumen pedoman resmi setiap instansi pemerintah yang membuka formasi penerimaan CPNS.

Tags: