Pengertian Model Pembelajaran

Model pembelajaran adalah pola atau desain yang menggambarkan proses perincian dan menciptakan situasi lingkungan yang memungkinkan anak berinteraksi dalam pembelajaran sehingga terjadi perubahan atau perkembangan. Komponen pembelajaran meliputi konsep tujuan pembelajaran, standar kompetensi dan kompetensi dasar (SK-KD), materi, prosedur, metode, sumber belajr, dan teknik evaluasi.

Pengembangan model pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini didasarkan pada silabus yang dijabarkan menjadi Program Semester (PS) Rencana Kegiatan Mingguan (RKM) dan Rencana Kegiatan Harian (RKH) sehingga model pembelajaran adalah gambaran konkret yang dilakukan pendidik dengan siswa sesuai dengan rencana kegiatan harian.

Model Pembelajaran yang bisa dilaksanakan pada  satuan pendidikan anak usia dini adalah pembelajaran klasikal  Pengajaran kelompok dengan kegiatan pengaman, pembelajaran berbasis  sudut kegiatan pembelajaran area dan pembelajaran berbasis sentra. Pembelajaran klasikal adalah pola pembelajaran yang sama dalam satu kelas. Model pembelajaran ini adalah yang tertua dan paling awal untuk digunakan di PAUD dengan fasilitas belajar yang umumnya sangat Terbatas monoton dan kurang memperhatikan minat individu seiring dengan perkembangan teori dan psikologi pembelajaran model ini telah banyak ditinggalkan oleh model pembelajaran yang dianggap lebih efektif dan menyenangkan dengan model pembelajaran yang lebih bervariasi.

Pembelajaran kelompok dengan kegiatan pengaman merupakan pola pembelajaran, ketika anak-anak dibagi menjadi beberapa kelompok dengan kegiatan yang berbeda-beda. Anak-anak yang sudah menyelesaikan tugasnnya lebih cepat daripada temannya dapat mengikuti kegiatan kelompok lain. Pada kegiatan pengaman sebaiknya disediakan alat-alat yang lebih bervasriasi dan sering diganti disesuaikan dengan tema atau subtema yang dibahas.

Pembelajaran berbasis sudut kegitan menggunakan prosedur pembelajaran hampir sama dengan model pembelajaran area, hanya sudut-sudut kegiatan selayaknya lebih bervariasi dan sering diganti, disesuaikan dengan tema dan subtema yang dibahas.

Pembelajaran berbasis sentra model pembelajaran ini berfokus pada anak yang dalam proses pembelajarannya berpusat di sentra bermain dan pada saat anak dalam lingkaran. Sentra bermian dilengkapi dengan seperangkat alat bermain yang berfungsi sebagai pijakan lingkungannya yang diperlukan untuk mendukung perkembangan dalam 3 jenis bermain, yaitu sensori motor atau fungsional, bermain peran dan pengembangan. Sedangkan saat lingkaran dilakukan guru untuk memberikan dukungan kepada anak yang dilakukan sebelum dan sesudah bermain.

Setiap model pembelajaran memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dan memerlukan kondisi yang berbeda-beda. Oleh karena itu dalam memilih model pembelajaran yang akan digunakan guru harus mempertimbangkan kemampuan dari sarana dan prasarana yang tersedia serta faktor pendukung lainnya.

Model pembelajaran seperti yang disebutkan di atas umumnya menggunakan langkah pembelajaran yang relatif sama yang mencakup pengenalan kegiatan inti makan dan istirahat dan penutupan.

Tags: