Definisi Kepemimpinan

Dalam setiap institusi pasti ada pimpinan. Didalam dunia pendidikan kepemimpinan memiliki cara tersendiri dan terbilang unik dalam mewujudkan tujuan bersama, karena didalamnya adanya proses belajar mengajar yang dilakukan untuk mewujudkannya sumber daya manusia yang berkompeten. namun bukan sembarang orang yang dapat memimpin suatu lembaga atau institusi, tentunya dengan adanya pengalaman, pendidikan yang memumpuni, dan memiliki jiwa leadership yang kuat didalam dirinya.

Sehingga yang dipimpin tidak akan meragukan lagi kemampuan yang memimpin. Begitu juga dalam lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD), yang pastinya memiliki pimpinan didalam lembaga tersebut. Walaupun PAUD adalah pendidikan non formal, namun juga harus memiliki manajemen yang tepat agar lembaga dan murid saling menguntungkan.

Dalam institusi pendidikan, kepemimpinan disebut sebagai Kepala Sekolah. Kepala Sekolah memiliki tanggung jawab terbesar dalam sebuah institusi pendidikan, ia berhak mengatur, membuat, setiap kebijakan didalam institusinya. Dengan begitu pengalaman yang baik, pendidikan yang setara, sangat mempengaruhi keberhasilan institusi yang ia pimpin. Karena kebijakan yang ia buat mempengaruhi hasil sumber daya manusia didalamnya.

Istilah kepemimpinan bukan hal yang asing bagi masyarakat. Di setiap kepemimpinan, selalu ditemukan seorang pemimpin yang menjalankan organisasi. Menurut Cattel (Salusu, 1996) kepemimpinan adalah sebuah konsep yang merangkum berbagai segi dari interaksi pengaruh abatar pemimpin dengan pengikut dalam mengejar tujuan bersama. (Mustapa & Maryadi, 2018)

Kepemimpinan adalah suatu perilaku dengan tujuan tertentu untuk mempengaruhi aktivitas para anggota kelompok untuk mencapai tujuan bersama yang dirancang untuk memberikan manfaat individu dan organisasi, sehingga dalam suatu organisasi kepemimpinan merupakan faktor yang sangat penting dalam menentukan pencapaian tujuan yang telah diciptakan oleh organisasi. (Mustapa & Maryadi, 2018)

Baca Juga :  Keistimewaan Khasiat Mandi Sebelum Shubuh

Berikut ini adalah beberapa defisi kepemimpinan menurut para ahli :

  1. Koontz & O’Donnel (1986) mendefinisikan kepemimpinan sebagai proses mempengaruhi sekelompok orang sehingga mau bekerja dengan sungguh-sungguh untuk meraih tujuan kelompoknya.
  2. Wexley & Yukl (1977), kepemimpinan mengandung arti mempengaruhi orang lain untuk lebih berusaha mengarahkan tenaga dalam tugasnya atau mengubah tingkah laku mereka.
  3. G. R. Terry (1983), kepemimpinan adalah kegiatan mempengaruhi orang-orang untuk bersedia berusaha mencapai tujuan bersama.
  4. Miftah Thoha (1983), kepemimpinan adalah aktivitas untuk mempengaruhi perilaku orang lain agar supaya mereka mau diarahkan untuk mencapai tujuan tertentu.
  5. Robbins (2001) kepemimpinan adalah kemampuan untuk mempengaruhi suatu kelompokk untuk mencapai tujuan.(Mustapa & Maryadi, 2018)

Berdasarkan beberapa definisi kepemimpinan yang dikemukakan oleh para ahli dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan pada dasarnya adalah suatu proses yang menggerakkan, mempengaruhi dan membimbing orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. Dengan kata lain, dalam proses kepemimpinan itu, ditemukan ada fungsi pemimpin yang memberi pengaruh, ada pengikut (anggota) yang menerima pengaruh dan ada aktivitas dan ada suatu situasi di mana kepemimpinan tersebut berlangsung.

Tags: